Kajianberita.com
Beranda Ekonomi Sukseskan F1H20, Bank Indonesia Tugaskan Perbankan Tambah Sarana Pembayaran

Sukseskan F1H20, Bank Indonesia Tugaskan Perbankan Tambah Sarana Pembayaran

Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Azka Subhan saat berikan keterangan soal keterlibatan BI di F1H20. (kajianberita/humas BI)

MEDAN – Bank Indonesia (BI) berpartisipasi dalam kegiatan F1 Powerboat World Championship yang akan digelar pada 24-26 Februari 2023 nanti di Balige, Kabupaten Toba.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) meminta BI mempersiapkan sarana sistem pembayaran untuk tamu yang akan berkunjung menyaksikan F1H20 tersebut.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut Doddy Zulverdi mengungkapkan BI sudah berkoordinasi dengan perbankan untuk penyediaan sarana dan prasarana perbankan di sekitar lokasi kegiatan.
Dan sudah mempersiapkan sistem pembayaran baik melalui ATM, Monet Changer, QRIS dan Kas Keliling.

Sementara Deputi Kepala Perwakilan BI Sumut Azka Subhan menambahkan akan ada sebanyak 172 ATM yang bisa dipakai tamu untuk bertransaksi.

Kemudian ada money changer, kas keliling yang akan dipersiapkan oleh BI Sumut untuk mendukung sistem pembayaran.

“Saat ini yang sudah tersedia da 3 yang ATM, Kupva atau money changer serta menyediakan QRIS bagi merchant UMKM,” ucapnya, Rabu (25/1/2023) petang.

Hingga saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan perbankan di wilayah Sumut untuk menyedikan ATM dan money changer disana dan juga memperluaskan implementasi QRIS.

“Tetapi memang setiap bank memiliki ukuran dalam penambahan ATM sesuai dengan skala ekonomi, tetapi dalam rangka event ini kita membantu 3 hal tersebut untuk kesuksesan F1H20,” tambahnya.

Ia menyampaikan BI Sumut telah berkoordinasi dengan bank yang sudah masuk dalam kepanitiaan F1H20 mulai dari Bank Himbara, Bank Sumut dan Bank BCA.

Adapun persiapan tersebut mulai dari penyediaan 172 ATM di kawasan Toba dan 41 ATM di Balige, lalu penambahan ketersediaan Mobile ATM hingga penukaran uang asing.

“Tak hanya itu, untuk ketersediaan uang tunai agar berjalan lancar, BI Sumut juga telah berkoordinasi untuk penukaran uang asing yang berada di ring satu dan berada di lokasi hotel. Kami juga mengimbau agar memperluas QRIS di kawasan Toba khusunya Balige,” tambahnya.

Selain kepada perbankan, BI Sumut juga menyediakan kas keliling baik dalam kota.

Dan untuk kas keliling luar kota Bi Sumut bekerjasama dengan BPR dan Kantor Pos di wilayah tersebut. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan