Kajianberita.com
Beranda Headline Lewati Pertarungan Mendebarkan, Chico Akhirnya Susul Jojo ke Babak Final

Lewati Pertarungan Mendebarkan, Chico Akhirnya Susul Jojo ke Babak Final

Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo berhasil mengalahkan tunggal putra Hongkong, Ng Ka Long Angus melalui pertarungan tiga gim, 17-21, 27-25 dan 22-20 pada babak semifinal gelaran Indonesia Masters 2023, Sabtu (28/1/2023), di Istora Senayan Jakarta. (Foto Humas PP PBSI)

JAKARTA– Indonesia memastikan diri merebut satu gelar juara di ajang turnamen bulutangkis Indonesia Masters 2023 dari sektor tunggal putra.

Kepastian tersebut didapat seusai Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo melangkah ke partai pemungkas turnamen BWF World Tour Super 500 itu.

Jojo, sapaan akrab Jonatan, melaju terlebih dahulu ke partai final seusai mengalahkan wakil China, Shi Yu Qi dengan skor 21-13, 15-21, 21-19.

Terkini Chico menyusul jejak rekannya melaju ke laga puncak seusai memenangkan pertarungan mendebarkan melawan Ng Ka Long Angus (Hong Kong).

Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (28/1/2023) sore, Chico menang rubber game 17-21, 27-25, 22-20 dalam tempo 1 jam 23 menit.

Pada laga ini, Chico tampak kewalahan di gim pertama seusai kalah dengan skor 17-21 dari tunggal putra rangking 18 dunia itu.

Pada gim kedua, juara Malaysia Masters 2022 itu sejatinya mengawali pertandingan dengan ketertinggalan 3-11 pada pertengahan babak.

Beruntung selepas jeda, Chico mulai bisa bangkit dan mulai mendekatkan skor dari 13-18 menjadi 19-19. Sempat terjadi setting beberapa kali hingga Chico akhirnya menang 27-25.

Pada gim ketiga Chico mencoba tampil tenang dan untuk bisa unggul dengan skor 11-9. Selepas jeda, penampilan Chico sempat menurun seusai di akhir pertandingan saat unggul 20-18 lawan bisa mengimbangi kedudukan dengan skor 20-20.

Lagi-lagi berkat ketenangan, tunggal putra asal Jayapura itu akhirnya mengakhiri pertandingan dengan keunggulan 22-20 atas Ng Ka Long Angus.

Selepas laga, Chico mengaku senang atas pencapaiannya bisa melaju ke partai puncak turnamen bulu tangkis berhadiah 420 ribu dolar AS itu.

Dengan ketenangannya dan permainan taktis di lapangan, Chico mampu memberikan bukti bahwa kualitasnya meningkat sejauh ini.

“Pertama-tama saya bersyukur bisa menyelesaikan pertandingan dengan baik tanpa cedera. Pada gim pertama sejatinya saya sudah menerapkan strategi yang benar, sayang saya bermain kurang fokus dan masih sering membuang peluang,” kata Chico.

“Pada gim kedua saya mencoba tenang untuk lebih fokus bermain dan tidak memikirkan skor. Alhasil permainan terbaik saya bisa keluar,” ungkap Chico.

Dengan hasil ini Chico akan menantang Jojo di partai final Indonesia Masters 2023, Minggu (29/1/2023) besok.

Persiapan dalam menghadapi final melawan rekan senegaranya itu, Chico mengaku akan memberikan permainan terbaik untuk memberikan tontonan terbaik buat masyarakat Indonesia.

“Saya punya motivasi untuk bisa menyusul Jonatan Christie ke partai final. Setelah itu mau fokus satu-satu terlebih dahulu,” ujar Chico.

“Setelah ini saya mau fokus pemulihan kondisi fisik terlebih dahulu setelah itu menghadapi pertandingan besok saya akan nothing to lose dan siap memberikan permainan terbaik,” tambah Chico.

Kemenangan Chico di laga ini atas Ng Ka Long Angus membuat pebulutangkis kelahiran Jayapura, 15 Juni 1998 itu meraih kemenangan keduanya secara beruntun setelah terakhir di final Malaysia Masters 2022. Pada turnamen BWF World Tour Super 500 itu, Chico menang dua gim langsung atas Ng dengan skor 22-20, 21-15.

Dengan hasil ini, sektor tunggal putra Indonesia menyumbangkan satu gelar juara seusai mempertemukan sesama wakil Merah-Putih di partai pemungkas.

Menilik rekor pertemuan, Chico dan Jojo tercatat pernah tiga kali bertemu. Dari tiga pertemuan, Jojo menyapu bersih tiga kemenangan saat berhadapan melawan Chico.

Pertemuan terakhir kedua pasangan terjadi di babak 16 besar Hylo Open 2022. Saat itu Jonatan meraih tiga kemenangannya secara beruntun seusai mengalahkan Chico dengan skor 21-18, 30-28. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan