Kajianberita.com
Beranda Ekonomi MinyakKita Dijual Bersyarat, Siap-siap Diproses Hukum!

MinyakKita Dijual Bersyarat, Siap-siap Diproses Hukum!

KPPU tengah memproses penegakan hukum terkait penjualan bersyarat MinyakKita yang langka. (Kajianberita/istimewa)

KOMISI Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melalui Kantor Wilayah IV, menemukan penjualan bersyarat atas minyak goreng (mi goreng) merek MinyakKita.

Atas dasar itu KPPU memutuskan untuk melanjutkan temuan tersebut dengan melakukan tindakan pra-penyelidikan atau penelitian inisiatif.

“Hal itu dilakukan, guna menemukan alat bukti yang diperlukan untuk menunjang proses penegakan hukum,” kata Kepala Kantor Wilayah IV KPPU, Dendy R. Sutrisno, dalam keterangannya, Kamis (2/2/2023).

Kantor Wilayah IV saat ini fokus dengan dugaan pelanggaran Pasal 15 Ayat (2) Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 yang berkaitan dengan perilaku penjualan bersyarat.

Tindakan ini merupakan respon cepat KPPU atas temuan kelangkaan minyak goreng curah dan minyak goreng MinyaKita selama beberapa bulan terakhir.

Sebelumnya, Kanwil IV telah melakukan observasi pasar selama 3 bulan dari November 2022 hingga Januari 2023.

Terkait penjualan dan distribusi minyak goreng curah dan Minyakita di wilayah kerja Kanwil IV (Jawa Timur, Bali, NTT, dan NTB), untuk menemukan berbagai fakta lapangan terkait potensi pelanggaran hukum persaingan usaha.

Dalam observasi lapangan tersebut, KPPU menemukan keberadaan berbagai pedagang yang telah membeli Minyakita dari distributor dengan syarat harus membeli produk lain dari distributor tersebut.

Sebagai informasi, penjualan bersyarat atau tying agreement merupakan salah satu jenis perjanjian tertutup. Di mana, pelaku usaha membuat perjanjian dengan pihak lain yang
memuat persyaratan.

“Pihak yang menerima barang dan atau jasa tertentu harus bersedia membeli barang dan atau jasa lain dari pelaku usaha pemasok,” ujar Dendy.

Dalam praktik, umumnya penjualan bersyarat dilakukan dengan barang yang kurang laku, sehingga pembeli terpaksa membeli barang yang dipasangkan.

Halaman: 1 2
Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan