Kajianberita.com
Beranda Sumut Perayaan Thaipusam di ‘Little India’ Medan Digelar 5 Februari 2023

Perayaan Thaipusam di ‘Little India’ Medan Digelar 5 Februari 2023

Perayaan Thaipusam di Kota Medan akan digelar 5 Februari 2023, di kawasan Little India Medan. (Kajianberita/istimewa)

MEDAN – Perayaan Thaipusam di Kota Medan akan digelar 5 Februari 2023. Nuansa acara tahunan ini bakal berbeda dan dijamin meriah dengan hadirnya street festival di kawasan Little India, Jalan Zainul Arifin Medan.

“Acara ini bakal lebih meriah dengan hadirnya beragam acara menarik sejak pukul 10.00 WIB,” kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan Matha Riswan, dalam keterangannya yang dikutip, Kamis (2/2/2023).

Riswan mengatakan sejak pagi UMKM India baik itu kuliner khas India, aksesoris dan pakaian serta kerajinan khas India, sudah mulai buka. Kemudian ada Medan Indian Fashion Week serta atraksi seni lainnya.

Kuliner yang disajikan juga dijami halal karena nuansanya vegetarian. Sebab, pihaknya juga tidak makan daging selama perayaan Thaipusam.

“Kami mengajak seluruh masyarakat tak hanya warga India, untuk beramai-ramai menghadiri acara ini,” katanya.

Pada hari Thaipusam, masyarakat Hindu akan memulai ritual dengan melaksanakan prosesi Pal Kudam yaitu mengangkat susu dalam kendi di atas kepala sebagai bentuk nazar dan kepatuhan pada Dewa Murugan.

Susu tersebut kemudian dibawa ke kuil Sree Soepramaniem Nagaratar di Jalan Kejaksaan (Kebun Bunga) Medan untuk memandikan Dewa Murugan.

Selanjutnya di siang hari dilanjutkan dengan Maheswara Pooja yaitu dengan ritual pemujaan makanan sebelum dimakan.

Puncaknya pada malam hari yaitu arakan kereta kencana khas India atau disebut Radoo mengelilingi Kota Medan.

Dijelaskan Riswan, Thaipusam atau Thaipoosam, merupakan festival yang dirayakan oleh orang-orang Tamil pada bulan purnama pertama pada bulan Thai (Januari/Februari) dalam kalender Tamil.

Perayaan ini diadakan di negara-negara dengan komunitas Tamil yang besar, seperti India, Sri Lanka, Indonesia, Malaysia, Mauritius, Singapura, Afrika Selatan dan berbagai negara lain dengan komunitas diaspora Tamil.

Festival ini merayakan momen ketika Parvati memberikan “tombak” Vel kepada Murugan agar Murugan dapat mengalahkan setan Soorapadman.

Terdapat keyakinan bahwa hari Thaipusam merupakan hari kelahiran Murugan; menurut sumber lain, Vaikhasi Vishakam (yang jatuh pada Vaikhasi atau Mei/Juni) adalah hari kelahiran Murugan.

Riswan mengatakan, Wali Kota Medan, Bobby Nasution direncanakan akan hadir. Ke depan, acara ini bisa menjadi agenda nasional, karena kebudayaan India menjadi salah satu kekuatan besar di Medan. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan