Kajianberita.com
Beranda Headline Awas…Perdagangan Ganja Sintetis Marak Lagi, 4,9 Kilo Barbut Senilai Rp 500 Juta Gagal Beredar

Awas…Perdagangan Ganja Sintetis Marak Lagi, 4,9 Kilo Barbut Senilai Rp 500 Juta Gagal Beredar

Ganja Sintetis seberat 4,9 Kilogram berhasil diamankan di bandara Soekarno Hatta. (Kajianberita/Ilustrasi)

PERDAGANGAN Ganja sintesis kembali terungkap. Kali ini, diungkap oleh Personel Satresnarkoba Polresta Bandara Soekarno-Hatta.

Kasat Narkoba Polresta Bandara Soekarno-Hatta, AKP Verdika B Prasetya mengatakan, jejak para pelaku terendus saat ditemukannya paket mencurigakan di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta.

Kecurigaan itu pun berujung dengan penelusuran hingga akhirnya ditemukan adanya upaya transaksi perdagangan ganja nsintetis.

Bahkan, dri hasil penelusuran petugas, paket itu rencananya dikirimkan ke 6 alamat berbeda.

“Awalnya kita amankan 10 orang yang menerima paket tersebut. Lalu kemudian berujung pada temuan 3 orang produsen ganja sintetis di wilayah Jakarta Selatan,” ujarnya mengutip Okezone, Kamis (2/2/2023) kemarin.

Vardika juga menjelaskan jika ganja sintetis itu diolah di rumah kontrakan pelaku di kawasan Jakarta Selatan.

“Mereka memasarkan ganja lewat media sosial atau (via online). Dari sana, ganja tersebut tersebar ke berbagai kota besar di Indonesia,” tuturnya.

“Tersangka ini biasa membuat ganja sintetis atau home industry di kawasan Jakarta Selatan. Kemudian disebar ke seluruh penjuru kota-kota besar,” ujarnya melanjutkan.

Verdika melanjutkan, dari 13 tersangka yang ditangkap, polisi menyita 4,9 kilogram ganja sintetis dan 162,58 gram bahan kimia cannabinoid senilai ratusan juta rupiah.

Atas kasus ini, para pelaku dijerat Pasal 114 Ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat lima tahun.

“Jadi kalau ditotal barang bukti yang sudah diamankan kami itu Rp500 juta lebih kalau dikonversikan satu gramnya Rp100 ribu,” tuturnya mengakhiri. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan