Kajianberita.com
Beranda Headline Pembangunan Sport Center untuk PON 2024 di Sumut Dimulai September 2023

Pembangunan Sport Center untuk PON 2024 di Sumut Dimulai September 2023

Maket pembangunan Sport Center Sumut yang berlokasi di Desa Sena, Batangkuis, Deli Serdang

PON XXI tahun 2024 tinggal dua tahun lagi. Tapi sarana sport center yang disebut-sebut sebagai pusat kegiatan PON itu di Sumatera Utara belum juga dibangun.  Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Sumut Baharuddin Siagian mengatakan, pembangunan sport center itu kemungkinan dimulai September 2023, atau setahun sebelum PON berlangsung.

“Begitu jadwal yang ditetapkan Kementrian PUPR, karena sebelum itu haru ada penyelesaian dokumen seperti Final Business Case (FBC) Perjanjian Kerja Sama (PKS), dokumen transaksi dan perjanjian serta dokumen lainnya selesai di awal Maret. Kemudian pengerjaan dimulai September 2023 dengan waktu 12 bulan,” ujar Baharuddin.

Adapun tugas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk menyelesaikan dokumen administrasi semuanya sudah hampir selesai. Saat ini tinggal AMDAL dan itu pun sedang berproses.

“Kita ingin ini sesegera mungkin selesai sehingga sebelum PON stadion kita sudah rampung,” kata usai rapat Pembahasan Progres Penyiapan Proyek Stadion Utama Provinsi Sumatera Utara di Hotel Four Point, Jalan Gatot Subroto, Medan, Jumat (3/2/2023).

Dikatakan Baharuddin, Pemprov Sumut terus berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk mendorong percepatan pembangunan stadion utama sport centre. Saat ini, Pemprov Sumut, Kementerian PUPR dan pihak terkait sedang mempercepat penyelesaian masalah administrasi.

“September terlalu dekat dengan pembukaan PON. PON dibuka 8 September, stadion kita juga targetnya September, kita harus bekerja lebih keras karena itu kita koordinasi dengan Kementerian PUPR agar bisa mempercepat ini, tetapi juga tertib administrasi,” kata Baharuddin Siagian.

Direktur Pelaksana Pembiayaan Infrastruktur Permukiman Kementerian PUPR Meike Kencanawulan Martawidjaja mengatakan semua pihak telah bekerja keras untuk merampungkan stadion utama Sport Centre Sumut. Walau begitu, dia tidak ingin ada kesalahan administrasi dalam proyek pembangunan stadion ini.

“Kita semua ingin stadion kebanggaan Sumut ini cepat selesai, semua bekerja keras untuk menyelesaikan stadion utama Sumut, tetapi tentu harus sesuai dengan administrasi yang berlaku, kita semua berupaya untuk menyelesaikannya lebih cepat dari target,” kata Meike saat rapat.

Sebelumnya, Kementerian PUPR dan Pemprov Sumut juga sudah melakukan Konsultasi Publik Studi Pendahuluan Proyek KPBU Stadion Utama Pemprov Sumut di tempat dan hari yang sama.

Acara tersebut dihadiri Direktur Perencana Ahli Madya Direktorat Pengembangan Pendanaan Pembangunan Bappenas Astu Gagono Kendarto, Kepala BPKAD Pemprov Sumut Ismael Sinaga dan Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bambang Pardede. Hadir juga jajaran Kementerian ATR/BPN dan Kementerian PUPR secara virtua.

Sport Center untuk PON di Sumatera Utara akan dibangun di Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Deli Serdang. Saat ini sudah ada 300 hektar lahan yang tersedia untuk proyek itu. Di tengah sport center itu akan dibangun lapangan bola dengan kapasitas 50 ribu penonton.  Sementara di sekitarnya akan dibangun sarana olahraga lainnya.(*)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan