Kajianberita.com
Beranda Headline Kabiro Hukum Setdaprovsu Tegaskan Status Pembelian Lahan Medan Club Sudah Sah di Mata Hukum

Kabiro Hukum Setdaprovsu Tegaskan Status Pembelian Lahan Medan Club Sudah Sah di Mata Hukum

Kabiro Hukum Setdaprovsu, Dwie Arie Sudarto tegaskan status pembelian lahan Medan Club. (Kajianberita/Istimewa)

KEPALA biro umum sekretariat daerah provinsi Sumatera Utara (Setdaprovsu), Dedi Jaminsyah Putra Harahap, sebelumnya pernah menjelaskan secara rinci perihal pembelian lahan Medan Club yang sempat diusik sejumlah pihak.

Dedi menjelaskan bahwa pembelian Medan Club oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) telah dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan mengikuti proses hukum yang ada.

Bahkan, pertimbangan pembelian itu, dilakukan dengan hadirnya masukan dari berbagai pihak. Di antaranya dari Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kajatisu), Kepala BPN/ATR Kota Medan, pihak Kesultanan Deli, dan Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) yang independen.

Kini, proses penjualan dan pembelian lahan Medan Club, seluas 13.931 M2 yang terletak di Jalan RA Kartini, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, itu pun telah diselesaikan Pemprovsu yang ditandai dengan penandatanganan berita acara pemberian ganti kerugian dalam bentuk uang tahap II (pelunasan) dengan Nomor 38 / BA – 12.71.AT.01.500/1/2023.

Apalagi, Kepala Biro Hukum Setdaprov Sumut, Dwi Aries Sudarto turut menjelaskan tentang keabsahan dalam proses pembelian lahan Medan Club sudah sah di mata hukum.

“Kita sudah menyelesaikan tahap Pembelian, Pelunasan dan Penandatanganan BAP pemberian ganti kerugian atas lahan Medan Club. Kini Medan Club sah menjadi asset Pemprovsu dimana proses pembelian itu sudah sesuai peraturan yang berlaku dan sah secara hukum,” ujar Dwi Aries.

“Saat penandatanganan tersebut juga dihadiri oleh Sekdaprovsu, Arief S Trinugroho, Plt Asisten Adminstasi Umum Zukifli, Inspektur Daerah Sumut Lasro Marbun, Asdatun Kejati Sumut Prima Idwan Mariza, Kepala Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sumut Ismael Sinaga dan Wakil Ketua Medan Club Riza Mutyara, Sekretaris Medan Club M Irwan Ritonga beserta pengurus lainnya,” sambung Dwi Aries didampingi Dedi Jaminsyah Putra kepada awak media, Jumat (03/02/2023) kemarin.

Masih menurut Dwi Aries, pemberian ganti kerugian senilai Rp157 miliar merupakan pembayaran tahap II (pelunasan), yang sebelumnya telah dibayarkan pada tahap I dari Pemprov Sumut Rp300 miliar pada 7 Desember 2022.

Sehingga total ganti kerugian yang telah dilunasi sebesar Rp457.420.430.420.

“Karena sudah resmi dimiliki oleh Pemprovsu, beberapa hari lalu Wali Kota Medan datang berkunjung melihat areal Medan Club dan beliau sangat mendukung program Gubernur dalam rencana pengembangan dan perluasan kantor Gubernur,” ucapnya.

Halaman: 1 2
Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan