Kajianberita.com
Beranda Nasional Maskapai Larang Pramugari Berjilbab, Ma’ruf Amin : Ini Tidak Relevan

Maskapai Larang Pramugari Berjilbab, Ma’ruf Amin : Ini Tidak Relevan

Ilustrasi pramugari berjilbab

YOGYAKARTA – Tersebar informasi bahwa masih ada maskapai penerbangan di Indonesia yang melarang pramugari memakai jilbab saat bertugas.

Kondisi ini membuat pramugari muslim harus melepas jilbabnya saat bertugas.

Menanggapi kabar ini, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mngungkapkan jika benar ada maka larangan penggunaan jilbab tidak relevan karena setiap orang berhak menjalankan ritual ibadahnya saat ini termasuk jilbab.

“Mengenai masalah jilbab saya kira perlu dicek ya apa betul, sebab sampai sekarang ini nggak ada larangan berjilbab (di mana pun). Itu nggak ada,” ujar Kiai Ma’ruf dalam keterangan persnya di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Sabtu (4/2/2023).

Ma’ruf melanjutkan, penggunaan jilbab saat ini sudah dibebaskan di seluruh instansi. Bahkan, di institusi TNI/Polri yang dahulunya tidak pun, kini telah dibolehkan.

Karenanya, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia ini menilai aneh jika masih ada institusi yang melarang penggunaan jilbab.

“Bukan lagi, di polisi, di tentara juga sudah semua orang berjilbab, di perguruan tinggi, di mana-mana boleh, jadi kalau ada larangan berjilbab agak aneh barangkali,” ujarnya.

Untuk itu, Ma’ruf mendorong jika larangan itu ada di beberapa maskapai perlu untuk diteliti lagi. “Saya kira kita cek lagi, perlu diteliti itu,” ujarnya

Sebagai informasi Desember 2022 lalu, Komisi VI DPR juga sempat mengkritik maskapai penerbangan Garuda Indonesia karena melarang pramugari mengenakan jilbab.

Di Indonesia, maskapai pertama yang mengizinkan pramugari berhijab adalah NAM Air.

NAM Air yang berdiri sejak tahun 2013, telah mengizinkan pramugari berhijab dalam penerbangan.

Terhitung dari awalnya berdiri, ada 40 pramugari berhijab yang dimiliki oleh NAM Air.

Berikutnya ada maskapai Sriwijaya Air. Sriwijaya Air dan NAM Air masih berada di pemilik yang sama.

Tiga tahun setelah kebijakan dari maskapai NAM Air, Sriwijaya juga mengizinkan pramugarinya saat bertugas memakai hijab. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan