Kajianberita.com
Beranda Politik PAN Cari Sosok Calon Presiden yang Bisa Ikut Kehendak Koalisi

PAN Cari Sosok Calon Presiden yang Bisa Ikut Kehendak Koalisi

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. (kajianberita/pan)

JAKARTA – Partai Amanat Nasional (PAN) mencari sosok calon presiden yang bisa menjalankan program kerja yang disusun koalisi dan menjalankan platform yang ada.

“Bersedia menjalankan platform dan program kerja koalisi,” ucap Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi terkait calon presiden yang akan didukung Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) seperti dilansir Tempo, Minggu (5/2/2023).

PAN saat ini bergabung dengan KIB bersama Partai Golkar, dan PPP.

Selain bisa menjalankan program koalisi, Viva juga membeberkan empat hal yang menjadi pertimbangan dalam penentuan bakal calon presiden dan calon wakil presiden KIB.

Menurut Viva, seorang capres dan cawapres adalah sosok yang punya rekam jejak baik dan tentunya memiliki integritas.

“Memiliki integritas pribadi dan rekam jejak yang baik,” katanya.

Kriteria lainnya adalah soal visinya. Menurut Viva Yoga, seorang calon presiden dan cawapres adalah sosok yang nasionalis.

“Memiliki visi nasionalisme indonesia,” katanya.

Viva Yoga mengatakan, kriteria capres dan cawapres pilihan KIB adalah sosok yang serius menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden.

“Bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas sebagai presiden atau wapres,”

Dan yang terakhir kata Viva Yoga, kriteria sosok bakal capres dan cawapres adalah sosok yang mencintai rakyat.

Viva Yoga mengkonfirmasi kalau keseluruh kriteria yang dipaparkannya itu merupakan hasil kesepakatan bersama mitra partai KIB.

Apa pun kemudian yang terjadi, Viva Yoga memastikan tidak ada perubahan terhadap kriteria bakal capres dan Cawapres KIB.

“Tidak berubah,” ujar dia.

Kendati seluruh kriteria sudah disepakati masing-masing pihak mitra partai KIB. Viva Yoga mengaku belum dapat mempublikasikan nama-nama capres dan Cawapres yang akan diusung koalisi itu.

“Masih belum ada keputusan dari KIB,” ucapnya.

Menurut Viva Yoga, soal sosok calon presiden dan calon wakil presiden, masing-masing anggota KIB harus mengirim nama pasangan calon itu ke rapat KIB.

Setelah itu baru kata Viva Yoga, akan diputuskan secara musyawarah di rapat KIB. Adapun soal waktunya, Viva Yoga mengatakan masih menunggu.

“Nanti akan diberitahu secara khusus ya,” ucapnya.

Meski demikian, sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Yandrie Susanto mengatakan partainya telah mengusulkan beberapa nama kepada KIB.

Yandrie menyebut ada tiga nama yang diajukan oleh PAN kepada KIB. Yakni Ganjar Pranowo, Zulkifli Hasan dan Erick Thohir. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan