Kajianberita.com
Beranda Nasional AP II Siapkan Tiga Bandara Sambut F1H20 Danau Toba

AP II Siapkan Tiga Bandara Sambut F1H20 Danau Toba

PT Angkasa Pura (AP) II menyiapkan tiga bandara dengan prioritas Bandara Sisingamangaraja XII yang sebelumnya bernama Bandara Silangit untuk sukseskan F1H20 Danau Toba yang akan digelar 24-26 Februari 2023. (Kajian berita/IG @f1h20.danautoba)

JAKARTA – PT Angkasa Pura (AP) II turut mendukung menyukseskan kejuaraan dunia F1 Powerboat atau F1H20 Danau Toba yang akan digelar 24-26 Februari 2023.

Sejumlah bandara perseroan telah disiapkan untuk menyambut pagelaran tersebut.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan ada tiga bandara berperan penting dalam kejuaraan dunia F1H20 Danau Toba ini.

Bandara tersebut yakni Bandara Sisingamangaraja XII di Tapanuli Utara yang berlokasi sekitar 30 menit dari venue F1 Powerboat, lalu bandara pendukung yakni Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Bandara Soekarno-Hatta, di Banten dan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta.

Menurutnya, keberadaan Bandara Sisingamangaraja XII sejak awal untuk mendukung Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas, dan AP II siap mewujudkan hal ini.

AP II telah melakukan pengembangan berkelanjutan di Bandara Sisingamangaraja XII.

“Bandara ini telah dipersiapkan untuk menyambut event internasional seperti F1 Powerboat,” ujar Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, yang dilansir dari berbagai sumber, Senin (6/2/2023).

Awaluddin memastikan ketersediaan slot time penerbangan di Bandara Sisingamangaraja XII untuk mendukung F1 Powerboat.

Ia menambahkan saat ini, Bandara Sisingamangaraja XII beroperasi 8 jam setiap hari. Jika dibutuhkan, maka jam operasional siap diperpanjang untuk mengakomodir penerbangan tambahan (extra flight).

“Yang jelas, AP II memastikan slot time penerbangan tersedia bagi maskapai,” jelasnya

Adapun terdapat tiga maskapai yang melayani penerbangan setiap hari (daily) dari Jakarta ke Bandara Sisingamangaraja XII dan sebaliknya, yaitu Citilink dan Batik Air, serta AirAsia Indonesia sebanyak tiga kali seminggu.

Permintaan penambahan jadwal penerbangan sendiri sudah ada, salah satunya dari AirAsia Indonesia yang akan melayani penerbangan menjadi tujuh kali seminggu.

“Kolaborasi stakeholder termasuk maskapai dan ground handling sudah kami jalankan. Standar pelayanan dipastikan tetap terjaga, baik itu terkait ketepatan waktu penerbangan (on-time performance) hingga layanan bagasi penumpang pesawat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan ajang F1 Powerboat Danau Toba meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di dunia, sekaligus menunjukkan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah ajang internasional.

Fasilitas

Director of Engineering AP II Agus Wialdi mengatakan fasilitas di Bandara Sisingamangaraja XII telat siap.

Di antaranya fasilitas sisi udara (airside) yakni parking stand untuk 8 unit pesawat serta runway berdimensi 2.650 x 45 meter yang dapat mengakomodir pesawat sekelas Boeing 737-800 Next Generation dan Airbus A320.

Selain itu, Director of Commercial and Services AP II M. Rizal Pahlevi menuturkan delegasi yang tiba di Bandara Sisingamangaraja XII akan disambut dengan tarian daerah dan asistensi khusus oleh liaison officer, serta disiapkan ruang transit.

“Setelah proses kedatangan di bandara selesai, para delegasi kemudian menuju hotel dengan transportasi khusus,” jelasnya.

Begitu juga dengan Bandara Kualanamu yang siap menyambut wisatawan yang datang untuk berwisata di Medan dan sekitarnya untuk kemudian menuju venue F1 Powerboat Danau Toba.

Bandara Kualanamu melayani penerbangan internasional untuk menyambut wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang memiliki rencana liburan panjang termasuk menghadiri F1 Powerboat Danau Toba.

Sementara untuk Bandara Soekarno-Hatta (Banten) sebagai bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia akan menyambungkan berbagai kota dengan Bandara Sisingamangaraja XII.

Kesiapan F1H20 dipastikan Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria hampir rampung. Selain infrastruktur acara, fasilitas pendukung telah disiapkan.

Seperti Wet Paddock dan Dry Paddock telah selesai dibangun serta kargo kontainer juga sudah tiba di Belawan. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan