Kajianberita.com
Beranda Sumut Pencurian Kursi Taman yang Viral Berbuntut Ditahannya Pengusaha Botot Siantar

Pencurian Kursi Taman yang Viral Berbuntut Ditahannya Pengusaha Botot Siantar

Inilah aksi Hendriko dan Dicky saat membawa kursi taman yang mereka curi di Kota Siantar dengan sepeda motor. Video aksi pencurian itu sempat viral di media sosial

Pematang Siantar — Kabar seputar pencurian kursi taman di Pematang Siantar pada Rabu malam (21/1/2023) berbuntut Panjang. Dua pelaku pencurian itu, yakni  Hendriko Simanjuntak (25) dan Diky Tambunan (20) telah berhasil ditangkap. Belakangan  pengusaha botot yang menampung kursi itu juga ikut ditangkap polisi.

Sat Reskrim Polres Pematang Siantar resmi menangkap Dangas Sihombing, pengusaha botot yang cukup terkenal di kota itu sebagai bagian yang ikut melakukan aksi kejahatan tersebut.   Ia disangkakan kasus  tindak pidana karena membeli barang curian itu. Dangas ditangkap Kamis (2/2/2023) setelah sebelumnya berstatus sebagai saksi.

Kasi Humas Polres Pematang Siantar, AKP Rusdi Ahya menyampaikan, setelah dilakukan pemeriksaan sebagai saksi kemudian dilakukan gelar perkara, dan dari hasil gelar perkara keluar rekomendasi meningkatkan status Dangas Sihombing menjadi tersangka.

“Dari hasil pemeriksaan saksi-saksi dan pelaku utama serta ditemukannya barang bukti berupa 2 buah kursi besi padanya, bahwa tersangka DS terbukti membeli barang hasil kejahatan,” kata Rusdi, Senin (6/2/2022) siang.

Selanjutnya, kata Rusdi. penyidik memanggil Dangas Sihombing dan tidak hadir sesuai surat panggilan. Tauke botot yang terkenal di Siantar tersebut tidak hadir tanpa memberikan alasan kepada penyidik. Pria 63 tahun tersebut tidak kooperatif selama penyelidikan dan penyidikan.

“Rekomendasi gelar perkara meningkatkan status peralihan atas nama Dangas Sihombing menjadi tersangka dan dilakukan penahanan,” kata Rusdi.

 

Kursi taman milik Pemko Siantar yang belakangan ditemukan di gudang botot milik Dangas Sihombing

Polisi juga menetapkan dua tersangka pelaku pencurian kursi yakni Hendriko Simanjuntak (25) dan Diky Tambunan (20) pada Rabu (21/1/2022) yang mana aksi keduanya mengangkut kursi Taman ke sepeda motor viral di media sosial.

Adapun dalam perkara ini, negara yang dirugikan, dilaporkan oleh pejabat di lingkungan Dinas Perkim Kota Pematang Siantar, yakni Risfani Sidauruk selaku kepala dinas dengan saksi-saksi adalah pejabat dan pengawas Taman Bunga Lapangan Merdeka Pematang Siantar.

Kasus pencurian kursi taman kota Siantar itu sempat viral setelah kedua pelaku nekad membawa kursi itu di malam hari dengan menggunakan sepeda motor. Masyarakat yang melihat aksi itu sermpat berteriak “Maling…!Maling….!”.

Salah seorang warga sempat memvideokan kasus pencurian itu, sehingga menjadi perbincangan masyarakat.  Namun kedua pelaku, Hendriko dan Dicky  tidak peduli.

Video yang viral itu membuat polisi bekerja keras untuk memburu pelaku. Esok harinya, dua pelaku berhasil ditangkap. Polisi juga menahan sepeda motor yang mereka gunakan untuk membawa kursi itu.

Hasil pengembangan kasus itu mengarahkan polisi untuk memeriksa Dangas Sihombing, karena ia menampung kursi tersebut. Polisi mendapatkan kursi di Gudang bototnya di Jalan S.M. Raja No. 143 Kelurahan Suka Dame Kecamatan Siantar Utara Kota Pematang Siantar. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan