Kajianberita.com
Beranda Nasional Anies Baswedan Paling Populer di Media Sosial

Anies Baswedan Paling Populer di Media Sosial

Bakal Calon Presiden, Anies Baswedan, menjadi kepala daerah di Indonesia yang paling populer dan banyak dibicarakan di media sosial. (kajianberita/IG aniesbaswedan_ri1)

JAKARTA – Bakal Calon Presiden, Anies Baswedan, menjadi kepala daerah di Indonesia yang paling populer dan banyak dibicarakan di media sosial.

Media sosial sekarang menjadi tolak ukur pembentukan opini di masyarakat. Hal ini berdasarkan analisis Tools Kazee Media Monitoring yang disampaikan pakar komunikasi digital dan pengamat media sosial Anthony Leong.

Analisis ini melihat empat Gubernur dan mantan Gubernur di Pulau Jawa yang digadang-gadang menjadi calon presiden 2024.

Mereka adalah Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat, Anies Baswedan mantan gubernur DKI Jakarta dan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur.

Sebenarnya, Anthony menyampaikan, popularitas keempat gubernur tiga bulan terakhir ini dari 1 November 2022 sampai 31 Januari 2023 mengalami naik turun.

Namun, hasil analisis survei big data yang ditunjukkan melihat persentase popularitas Anies Baswedan lebih tinggi dari ketiga gubernur lainnya.

“Jika dibandingkan tiga popularitas Gubernur dan satu mantan gubernur yang sering jadi bahan pemberitaan melalui sosial media selama kurun waktu tiga bulan terakhir ini totalnya 350.117 perbincangan. Sumbernya dari berbagai platform sosial media seperti News, Twitter, Facebook, Instagram, dan Youtube,” katanya yang dilansir dari Detiknet, Rabu (8/2/2023)

Disebutkan Anthony yang juga merupakan CEO Menara Digital, yang membincangkan Anies sebesar 157.241, Ridwan Kamil 97.138, Ganjar Pranowo 79.972, dan Khofifah Indar sebesar 15.766.

“Para kandidat capres dan cawapres perlu membuat isu dan program yang fenomenal sehingga bisa meraih dan mendominasi percakapan di media sosial,” ungkap Anthony

Dicatat, perbincangan yang membawa nama Anies tertinggi ada di tanggal 31 Januari 2023 sebanyak 3.630, dan 4 November 2022 sebanyak 3.450.

Sedangkan untuk Ridwan Kamil, tertinggi pada tanggal 18 Januari 2023 sebanyak 3.468, dan 4 Januari sebanyak 2.816.

Selanjutnya, nama Ganjar Pranowo tertinggi tanggal 28 November 2022 sebanyak 1.436, dan tanggal 1 Desember sebanyak 1.427.

Terakhir, perbincangan nama Khofifah tertinggi ada pada tanggal 22 Desember 2022 sebanyak 961.

Pada akhirnya, Anthony menjelaskan bahwa jumlah dan persentase suara keseluruhan Anies Baswedan sebesar 44,9%, Ridwan Kamil 27,8%, Ganjar Pranowo sebesar 22,8%, dan Khofifah Indar Parawansa sebesar 4,5%.

Mengapa Anies bisa banyak dibicarakan di media sosial? Tren perbincangan Anies tinggi ternyata karena adanya tagar #AniesPresidenRI2024. Sedangkan Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Khofifah Indar Parawansa perbincangannya tinggi karena netizen menyebut nama ketiga gubernur.

Selain popularitas dan jumlah persentase suara keseluruhan yang dianalisis adalah spasialnya. Hasil Analisis Antony menunjukkan bahwa masing-masing gubernur mempunyai wilayah tingkat popularitas yang berbeda-beda pada tiap-tiap provinsi.

Anies unggul di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Pulau Sulawesi, Pulau Maluku. Ridwan Kamil unggul hanya di Jawa Barat. Ganjar Pranowo unggul Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Pulau Kalimantan. Khofifah unggul hanya di Jawa Timur,” ungkapnya. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan