Kajianberita.com
Beranda Headline Beli Mobil China, Ganti Mereknya jadi Esemka, Lalu Dipamerkan di Jakarta

Beli Mobil China, Ganti Mereknya jadi Esemka, Lalu Dipamerkan di Jakarta

Mobil listrik buatan China yang diklaim sebagai merek Esemka, dan akan dipamerkan di IIMS di Jakarta pada 16-25 Februari mendatang

Pemilu sudah dekat, seperti biasa, mobil Esemka yang dulu getol dipromosikan Jokowi sebagai karya anak bangsa, mulai nongol lagi.  Salah satu produk  Esemka yang akan dipamerkan pada Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) di Jakarta pada 16 Februari mendatang adalah mobil listrik.

Pihak produsen PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) telah mempromosikan mobil listrik itu di berbagai media social. Katanya, inilah salah satu produk Esemka, karya anak-anak SMK Solo. Nama mobil itu Neta V.

Namun belakangan terungkap kalau mobil listrik itu adalah buatan China. Di negara tirai bambu, merek aslinya adalah  Hozon Auto, murni pabrikan mobil asal China.

Saat dikonfirmasi perihal kemunculan gambar tersebut, Humas PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Sabar Budhi tidak menampik foto tersebut, tapi dia juga belum membenarkan lebih lanjut soal kabar mobil listrik Esemka.

“Nanti kita info update-nya,” singkat Sabar Budhi.

Seperti diketahui Hozon Auto sudah masuk pasar Asia Tenggara. Negara yang menjalin kerjasama dengan Hozon Auto ialah Thailand.

Dikutip Reuters, perusahaan energi terbesar Thailand, PTT, telah menandatangani perjanjian dengan produsen kendaraan listrik (EV) China Hozon Auto untuk memperluas dan mengembangkan pasar EV di negara tersebut. Kemitraan ini mencakup distribusi kendaraan Hozon di Thailand.

Neta V akan diimpor CBU dari China selama dua tahun pertama, sebelum produksi lokal atau Completely Knocked Down (CKD) oleh Arun Plus, anak perusahaan PTT. Menariknya Neta V di Thailand ditawarkan dengan harga yang terjangkau, bahkan setara mobil Low MPV di Indonesia.

Hozon Auto Neta adalah merek sebenarnya dari mobil listrik itu.

Neta V dibanderol harganya 549.000 baht atau sekitar Rp 247 jutaan (kurs 1 baht = Rp 450). Harga tersebut setara dengan Toyota Avanza 1.3 E CVT.

Sedikit informasi mengenai Neta V, mobil listrik itu dibekali baterai lithium-ion 38,5 kWh yang menggerakkan e-motor bertenaga 95 hp dan 150 Nm. Neta V merupakan mobil dengan penggerak roda depan. Sedangkan jarak tempuh baterainya diklaim bisa mencapai 384 km, berdasarkan hitungan NEDC.

Munculnya foto Esemka Neta V tersebut seiring dengan hadirnya Esemka ke pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Hal baru lainnya dari Esemka Dalam akun instagram @iims_id, Esemka sebagai exhibitor dengan logo baru itu bakal menempati Hall A, JiExpo Kemayoran, Jakarta. Dalam foto tersebut terlihat Esemka memakai logo baru dengan bentuk seperti huruf ‘M’.

Seperti diketahui, merek mobil Esemka berawal dari prestasi anak-anak SMK Solo yang berhasil merakit mobil sedan. Prestasi itu mengundang decak kagum, sehingga sampai-sampai Jokowi yang ketika itu menjabat Walikota Solo menjadikannya sebagai batu loncatan untuk politik. Karya Esemka membuat nama Jokowi kian tenar karena ia sangat getol mempromosikan hasil karya anak-anak SMK itu.

Saat kampanye Gubernur jakarta dan kampanye Presiden, Jokowi selalu berjanji akan meningkatkan produk Esemka sebagai karya otomotif yang monumental dari anak bangsa. Nyatanya, nama Esemka kemudian tenggelam.

Tidak ada lagi jejak karya anak SMK di situ. yang ada adalah mobil buatan China yang kemudian diganti merek menjadi mobil Esemka. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan