Kajianberita.com
Beranda Sumut Puncak HPN 2023, Tim Medis Siapkan Standar Dokter Kepresidenan

Puncak HPN 2023, Tim Medis Siapkan Standar Dokter Kepresidenan

Tim medis RSU Haji Medan yang disiapkan pada puncak HPN 2023. (Kajianberita/dok RS Haji)

MEDAN – Menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang digelar di Medan, Sumatera Utara, Rumah Sakit Umum (RSU) Haji Medan dan Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) turut berpartisipasi dengan mempersiapkan tim medis dengan standar dokter kepresidenan.

Pasalnya, ketika puncak HPN 2023 di Medan nantinya dijadwalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan hadir pada Kamis (9/2/2023) besok.

Kepala Bidang Medis RSU Haji Medan, drg Anda Siregar mengatakan, pada puncak HPN 2023 di Medan yang diadakan di Lapangan Astaka, rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) ini menjadi rujukan.

“Kita menjadi salah satu rumah sakit rujukan utama dalam momen HPN 2023 di Medan,” ujarnya, Rabu (8/2/2023).

Anda menjelaskan, kehadiran Presiden Jokowi pada puncak HPN nantinya menjadi momen yang sangat berarti bagi kemerdekaan pers khususnya di Sumut dan Medan.

Maka itu, sebagai bentuk dukungan penyelenggaraan HPN tersebut, RSU Haji Medan memberikan pelayanan kesehatan dengan mengikuti standar dokter kepresidenan.

“Di lokasi acara nantinya, kami menyediakan mini ICU beserta tim medis yaitu dokter spesialis anastesi, spesialis jantung, spesialis penyakit dalam dan bedah, perawat gawat darurat dan perawat ICU,” jelasnya.

Anda pun menuturkan, sebelum puncak HPN 2023 di Medan, pihaknya juga menurunkan tim medis ke Hotel Grand Mercure Medan pada 7-8 Februari.

Sebab, di hotel tersebut ada kegiatan seminar berkaitan dengan HPN.

“RSU Haji Medan juga mengirimkan tim medis dan ambulan untuk siaga di Hotel Grand Mercure,” sebutnya.

Lebih lanjut, Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP HAM, Rosario Dorothy Simanjuntak mengungkapkan, pihaknya juga menurunkan tim medis dengan standar dokter kepresidenan.

Tim tersebut terdiri dari dokter spesialis anastesi, penyakit dalam, koordinator dokter, koordinator ambulan, koordinator mini ICU dan perawat ICU.

“Tim medis ini siaga untuk menyediakan layanan kesehatan gawat darurat khusus untuk Presiden (Jokowi). Tak hanya itu, RSUP HAM juga menurunkan satu unit ambulans VVIP yang siaga di lokasi acara,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan menambahkan, persiapan pelayanan kesehatan pada puncak HPN 2023 di Medan sudah dilakukan sejak dua hari sebelum acara.

Dari banyak kegiatan yang digelar pada momen itu, semuanya didampingi tim medis dan posko kesehatan dengan jejaring rumah sakit umum sebagai rujukan.

“Tim yang dilibatkan dari Dinas Kesehatan Sumatera Utara, Dinas Kesehatan Medan, Dinas Kesehatan Deliserdang, RSU Haji Medan, RSUP HAM, RSUD Amri Tambunan, RS swasta yang ditunjuk, Kesdam, Dokkes Polri,” pungkas Alwi. (*)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan