Kajianberita.com
Beranda Headline Tinjau Stok Pangan, Jokowi dan Gubsu Jalan Bareng ke Pasar

Tinjau Stok Pangan, Jokowi dan Gubsu Jalan Bareng ke Pasar

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Presiden RI Joko Widodo meninjau sejumlah pasar tradisional di Kota Medan, Kamis (9/2/2023). Bersama rombongan, Edy Rahmayadi mengunjungi Pasar Bakti di Jalan AR Hakim dan Pasar Halat di Jalan Halat. (kajianberita/diskominfo sumut)

MEDAN – Pasar Bakti dan Halat Medan mendadak ramai.

Orang nomor satu Indonesia, Presiden Jokowi ditemani Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau stok pangan di kedua pasar tradisional ini, Kamis (9/2/2023).

Kunjungan ini bertujuan untuk membantu pedagang, sekaligus mengecek kestabilan harga bahan pokok di pasar-pasar tradisonal.

Menurut Gubernur Edy Rahmayadi, pasar tradisional berkontribusi besar untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya Sumut.

“Salah satu pendorong perekonomian kita adalah pasar tradisional, dan UMKM, jadi kita akan terus dorong untuk menumbuhkan sektor ini,” kata Edy Rahmayadi usai mengunjungi Pasar Halat.

Kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke pasar tradisional di Kota Medan, menurut Edy Rahmayadi, salah satu bentuk perhatian pemerintah mendukung ekonomi kerakyatan.

Dia berharap perhatian seperti ini tetapi dilakukan pemerintah pusat.

“Ini salah satu bentuk kepedulian Presiden kepada pasar tradisional, beliau datang, mengecek langsung kestabilan harga bahan pokok dan memberikan bantuan,” terangnya.

Edy berharap dengan kestabilan harga pangan dapat mendorong pedagang-pedagang dan UMKM untuk terus berkembang.

Saat mengunjungi Pasar Halat, Presiden Jokowi mengecek beberapa harga bahan pokok seperti telur, bawang merah dan beras.

Menurutnya, harga bahan pokok di kedua pasar yang kunjungi stabil.

“Telur baik kita cek, bawang merah juga harganya sudah Rp40-an ribu, saya kira masih baik,”ucap dia.

Begitu juga dengan harga cabai. Menurut dia, harga cabai dalam kondisi baik.

Lalu untuk beras hasil operasi pasar, ungkapnya,  beberapa warung sudah terima beras dari Bulog. Yakni beras kemasan 5 kilogram seharga Rp49 ribu.

“Artinya harga dijual nanti di bawah Rp10 ribu,” kata Jokowi, yang datang bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Ikut mendampingi Joko Widodo kunjungan ke pasar, antara lain, Menteri BUMN Eric Thohir dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno.

Hadir juga Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis dan Ketua TP PKK Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution.

Setelah mengunjungi Pasar Halat dan Bakti, rombongan bergerak untuk meresmikan Terminal A Amplas.

Berikutnya, Presiden RI dan rombongan dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aceh besok, Jumat (10/2/2023) dan kembali ke Kota Medan di hari yang sama. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan