Kajianberita.com
Beranda Headline Wow, Para ‘King Maker’ Anies Gelar Pertemuan Khusus Bahas Pilres 2024

Wow, Para ‘King Maker’ Anies Gelar Pertemuan Khusus Bahas Pilres 2024

Pertemuan para tokoh dan sepuh partai yang mendung majunya Anies pada Pilres 2024. Tampak pula hadir mantan presiden Jusuf Kalla pada pertemuan itu.

Jakarta – Tidak banyak yang tahu, para tokoh yang mendorong majunya Anies Baswedan pada Pilres 2024 mengadakan pertemuan khusus di salah satu tempat di Jakarta.

Hadir pada pertemuan itu, antara lain, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh,  Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan tokoh PKS Ahmad Syaiku.

Hadir pula pada pertemuan itu Anies Baswedan selaku calon presiden yang mereka usung.

Tentu saja yang dibahas adalah soal upaya pemenangan Anies pada Pilres 2024.

Mereka juga membahas tentang kemungkinan langkah-langkah pihak lain yang mencoba menjegal Anies melalui berbagai isu pembusukan.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Renanda Bachtar menyebutkan,  pertemuan itu memang sifatnya sangat private sehingga tidak bisa sembarangan yang ikut di dalamnya.

“Sejak dulu hingga sekarang komunikasi dan silaturahmi antara ketiga tokoh tersebut terjalin dengan baik,” kata Renanda Bachtar, saat dihubungi Kajianberita.com Kamis (9/2/2023).

Renanda mengungkapkan, pada berbagai kesempatan yang berbeda antara SBY, JK, dan Surya Paloh sering bertemu untuk membahas terkait situasi nasional, jelang kontestasi demokrasi di Pemilu 2024 hingga soal koalisi.

“Pak SBY pernah bertemu dengan pak JK dan Pak Surya Paloh beberapa kali dalam kesempatan yang berbeda. Tentunya diantara tokoh-tokoh tersebut saling bertukar pandangan mengenai situasi nasional. Dan tentunya pasti ada kesempatan untuk sedikit membicarakan soal itu (Pilpres dan koalisi),” ungkapnya.

Hal senada juga, disampaikan oleh Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya. Yang mana, menyebutkan ketiga sosok tersebut sering berkomunikasi dan bertukar pandangan melalui medium yang tersedia.

Para king maker tersebut sering bertemu seiring Partai NasDem mendeklarasikan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden pada 3 Oktober 2022.

Pertemuan makin dinamis ketika PKS dan Demokrat mengumumkan dukungan kepada Anies.

“Kalau ketemu sering, telepon-teleponan kan sekarang, sudah ada video call. Ya sudah sekarang ketemunya lewat video call,” kata Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya saat ditemui di NasDem Tower, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

“Namanya kawan ketemu ngobrol, ya telepon-teleponan gitu ya. Tapi kalau secara fisik ya kadang-kadang, kita pakai medium yang tersedia saja,” sambungnya.

Dia mengatakan, para king maker tersebut memberikan kontribusi yang selaras dan menjadi fasilitator dalam berkomunikasi. Sebab, dalam menuju pilpres 2024 harus saling berkolaborasi.

“Masing-masing memiliki kontribusi yang equal, baik yang punya kursi atau yang tidak punya kursi. Jadi inilah zaman kolaborasi,” ucapnya.

“Di zaman kolaborasi setetes air sebutir pasir, semua memiliki nilai yang sama bukan hanya satu sak semen atau sekarung pasir yang memiliki harga tapi semua memiliki harga. Artinya toh ada nama-nama tadi hanya menjadi fasilitator dalam gerak sejarah,” imbuh Willy.

Halaman: 1 2
Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan