Kajianberita.com
Beranda Headline Inilah 3 Jawara UFC di Kelas Bulu yang Bakal Dihadapi Jeka Saragih

Inilah 3 Jawara UFC di Kelas Bulu yang Bakal Dihadapi Jeka Saragih

Jeka Saragih resmi memulai petualangannya di ring UFC Amerika. Dia akan berlatih di sana sebelum menghadapi pertarungan melawan jawara UFC dari berbagai dunia. Jeka adalah petarung Indonesia pertama yang dikontrak UFC

Medan —  Petarung gaya bebas asal Simalungun, Sumut, Jeka Saragih telah resmi dikontrak UFC dan akan bertarung di kelas bulu atau featherweight. Tentu saja tidak mudah bagi Jeka untuk melaju di arean UFC itu jika tidak dibekali kemampuan yang memadai.

Berikut ini tiga bintang UFC yang harus diwaspadai Jeka Saragih di kelas bulu.

  1. Alexander Volkanovski

Atlet asal Australia ini merupakan pemegang sabuk juara kelas bulu UFC. Penganut Brazilian Jiu Jitsu ini punya rekor 26 kali bertarung, 25 kali menang dengan 12 di antaranya lewat KO, serta hanya sekali kalah.

Namun kekalahan itu terjadi pada awal kariernya. Kekalahan itu terjadi pada 10 Mei 2013 saat bertarung melawan Corey Nelson. Selepas duel yang berakhir TKO tersebut, Volkanovski tak kalah dalam 22 pertarungan.

Tak hanya jawara di kelas bulu, atlet 34 tahun ini juga tercatat sebagai petarung nomor satu pound for pound UFC. Statusnya ini membuat UFC menduelkannya dengan juara kelas ringan Islam Makhachev pada Minggu,  12 Februari akhir pekan ini.

  1. Max Holloway

Bintang kedua yang saat ini menguasai kelas bulu UFC adalah Max Holloway. Pemegang sabuk cokelat Brazilian Jiu Jitsu ini menempati urutan pertama ranking UFC sebagai penantang Volkanovski.

Petarung 31 tahun ini terakhir kali bertarung pada 2 Juli 2022 dalam UFC 276. Holloway dinyatakan kalah angka mutlak saat melawan Volkanovski dalam lima ronde pertarungan yang sengit di Las Vegas, Nevada.

Meski sudah tiga kali kalah dari Volkanovski dalam perebutan gelar juara, Holloway tidak berkecil hati. Baginya kans untuk menjadi yang terbaik di kelas bulu masing sangat terbuka.

  1. Yair Rodriguez

Nama ketiga yang sedang diperhitungkan di kelas bulu UFC adalah Yair. Atlet 30 tahun asal Meksiko ini menempati urutan kedua ranking kelas bulu UFC di bawah Volkanovski dan Holloway.

Pemegang sabuk hitam Taekwondo ini sudah 18 kali bertanding dengan torehan 14 kali menang, tiga kali kalah, dan sekali dinyatakan tanpa hasil. Dari 14 kemenangan itu yang berakhir KO hanya lima kali.

Yair digadang-gadang sebagai salah satu calon lawan Volkanovski. Ini karena Yair belum pernah bentrok dengan sang juara. Yair akan memperebutkan gelar kelas bulu yang lowong dengan melawan Josh Emmett akhir pekan ini.

Namun sebelum berhadapan dengan petarung tangguh itu,  Jeka harus bertanding dulu melawan deretan petarung lainnya untuk menaikkan peringkat. Bukan tidak mungkin ia juga bakal tarung ulang melawan Anshul Jubli.

Para pengamat beladiri campuran menilai Jeka cukup tangguh bertarung dalam posisi berdiri, namun cukup lemah dalam menghadapi lawan yang mengandalkan permainan di bawah. Inipula yang membuat Jeka takluk melawan petarung India Anshul Jubli pekan lalu. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan