Kajianberita.com
Beranda Headline Wanita Pertama di Sumut Raih Gelar Taekwondoin DAN V Internasional, Jurnalis Oke Beladiri Apalagi…

Wanita Pertama di Sumut Raih Gelar Taekwondoin DAN V Internasional, Jurnalis Oke Beladiri Apalagi…

Nurni Sulaiman, perempuan pertama di Sumut raih gelar Taekwondoin DAN V Internasional. (Kajianberita/dok Nurni Sulaiman)

DI BALIK kesederhanannya, siapa sangka pemilik nama lengkap Nurni Sulaiman adalah wanita satu-satunya serta menjadi yang pertama seorang Taekwondoin perempuan di Sumatera Utara (Sumut) pemegang DAN V Taekwondo Kukkiwon Internasional.

Bersama lima rekan Taekwondoin pria lainnya pada ujian sabuk hitam yang digelar Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia Sumatera Utara (Pengprov TI Sumut) di GOR Badminton Cemara Asri beberapa waktu lalu, Nurni berhasil lolos dalam ujian tersebut.

Bukan hal mudah tentunya. Selain butuh persiapan matang dalam segi fisik dan mental juga harus dibarengi pengetahuan dan stamina yang mumpuni tentunya.

Bagaimana Nurni, wanita yang juga menjabat Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut ini mampu melalui rintangan berat tersebut?

Nurni coba mengisahkannya kepada Kajianberita, saat ditemui Jumat, (10/2/2023).

“Persiapan harus matang. Bukan hanya dana, karena biaya yang tidak murah, tetapi juga fisik dan mental serta pengetahuan dan stamina yang mumpuni,” ujar Nurni.

Menurut Nurni yang juga seorang jurnalis di media nasional ini, ada ujian praktik dan teori. Ujian praktik meliputi 14 basic movements, push up, sit up dan  scott jump.

Ada tiga jurus poomsae yakni Pyeongwon, Taebek, dan Geumgang. Juga pemecahan kyukpa berlapis dengan teknik tinggi atau tendangan putar.

Selain itu, ujian teknik hosinsul atau berpasangan dengan praktik teknik pukul, tendang, dan bantingan, serta sparing atau bertarung sesama level termasuk siap berhadapan dengan rekan pria.

“Saya terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung saya, keluarga, rekan, Ketua Pengprov Pak Ijeck, Ketua Pengkot TI Medan Pak Dany, dan semua yang tidak tersebutkan di sini satu per satu. Juga terima kasih kepada seluruh rekan Taekwondoin Sumut, termasuk rekan-rekan yang telah memberikan dukungan moril saat pelaksanaan UKT ini,” kata wanita berhijab ini.

Selain itu, Nurni juga menuturkan keprihatinannya akan kehadiran Taekwondoin perempuan di Sumut yang masih minim di level high DAN.

Ia berharap ke depan akan lebih banyak lagi peserta high DAN perempuan di provinsi ini. Sehingga ada regenerasi untuk pelatih taekwondo perempuan senior.

Halaman: 1 2
Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan