Kajianberita.com
Beranda Headline SBY dan Jusuf Kalla Bersatu kembali untuk Mendukung Anies di Pilpres

SBY dan Jusuf Kalla Bersatu kembali untuk Mendukung Anies di Pilpres

Jusuf Kalla dan SBY usain mengadakan pertemuan di Cikeas. Keduanya kembali bersatu untuk mendukung kemenangan Anies di Pilpres 2024

Jakarta  — Setelah berpisah sejak Pilpres 2009, kini mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan mantan wakil Presiden Jusuf Kalla bersatu kembali.

Keduanya bersatu bukan untuk maju pada Pilpres 2024, tapi untuk mendukung kemenangan Anies Basweden.

Informasi yang diterima Kajianberita.com dari Bakomstra DPP Demokrat memastikan kalau SBY dan JK telah mengadakan pertemuan khusus untuk membahas pemenangan Anies di suatu tempat di Jakarta pada Kamis (9/2/2023).

Selain mereka, hadir pula Surya Paloh, Ahmad Syaiku dari PKS serta Anies sebagai kandidat yang akan diusung.

Mereka inilah yang disebut sebagai King Maker untuk mensukseskan Anies di Pilpres nanti. Sampai sejauh ini belum ada kepastian siapa bakal calon yang akan mendamping Anies. Namun  beredar kabar kalau posisi terkuat ada pada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengungkapkan para senior politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan ini akan semakin sering melakukan komunikasi dan pertemuan dalam beberapa hari mendatang.

Pertemuan para king maker itu juga dibenarkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Renanda Bachtar.

Dia menyebut, di berbagai kesempatan yang berbeda antara SBY, JK, Surya Paloh dan Ahmad Syaiku sering bertemu untuk membahas terkait situasi nasional jelang kontestasi demokrasi di 2024 hingga soal koalisi.

“Pak SBY pernah bertemu dengan pak JK dan Pak Surya Paloh beberapa kali dalam kesempatan yang berbeda. Tentunya di antara tokoh-tokoh tersebut saling bertukar pandangan mengenai situasi nasional. Dan tentunya pasti ada kesempatan untuk sedikit membicarakan soal itu (Pilpres dan koalisi),” kata Renanda.

Terlebih, kata Renanda, ketiga king maker ini sering membahas soal pencapresan Anies Baswedan. Saat ini, Anies menjadi sosok yang telah mendapatkan tiket yang cukup untuk maju di Pilpres 2024.

Hal itu, usai Demokrat dan PKS kompak mendeklarasikan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai capres 2024.

“Pastinya soal pencapresan Anies juga menjadi salah satu topik yang dibahas,” ujar Renanda.

Lebih lanjut, dia memastikan, bahwa ketiga tokoh tersebut telah memiliki persamaan pandangan terhadap pencapresan Anies di 2024 mendatang.

“Dan khusus mengenai hal ini (pencapresan Anies) saya kira ketiga tokoh tersebut telah memiliki kesamaan pandangan,” imbuhnya.

Sumber DPP Demokrat menegaskan bahwa kebersamaan SBY dan JK untuk meloloskan Anies sudah tampak sejak beberapa bulan lalu. JK beberapa kali bertandang ke rumah SBY di Cikeas membahas dukungan untuk Anies.

Salah satu yang dibahas para king maker itu adalah strategi dari lawan politik yang terus mencoba menjegal Anies maju sebagai kandidat Pilpres. Boleh jadi mereka akan memunculkan  tuduhan kalau Anies terlibat korupsi, atau melakukan kesalahan lainnya.

“Pokoknya segala upaya pembusukan Anies juga dibahas para King maker itu,” kata sumber Kajianberita.com di DPP Demokrat.  SBY dan JK berharap Pilpres mendatang akan berlangsung demokratis tanpa ada permainan kecurangan yang dilakukan lawan politik.  (*)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan