Kajianberita.com
Beranda Ekonomi Sejumlah Kebutuhan Pangan Bertahan Mahal, Diproyeksikan Bisa Lebih Mahal Jelang Ramadhan

Sejumlah Kebutuhan Pangan Bertahan Mahal, Diproyeksikan Bisa Lebih Mahal Jelang Ramadhan

Pedangang dan penjual di Pasar Tradisional MMTC Deli Serdang saat bertransaksi beberapa waktu lalu. (kajianberita/delia)

MEDAN – Harga cabai merah yang di awal pekan kemarin di transaksikan rata rata 35.600 per Kg (PIHPS Kota Medan).

Secara konsisten mengalami kenaikan di akhir pekan ini, dimana harga cabai merah saat ini ditransaksikan dalam rentang Rp 41 hingga Rp 44 ribu per Kg nya.

“Memang ada harga cabai yang dijual dikisaran harga Rp 33 ribu per Kg. Namun, dengan kualitas cabai yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kualitas harga cabai Rp 40 ribuan per Kg,” ucap Ketua Tim Pemantau Harga Pasar Sumut Gunawan Benjamin, Sabtu (11/2/2023).

Sementara itu, lanjut dia, harga cabai rawit juga masih bertahan dikisaran Rp 38 ribu hingga Rp 40 ribu per Kg untuk kualitas bagus.

Dan ada varian harga yang sangat berbeda hingga menyentuh Rp 29 ribuan per Kg cabai rawit untuk kualitas yang dibawahnya.

Untuk harga bawang merah dan bawang putih juga dalam tren naik dalam dua bulan terakhir.

“Sejauh ini, bawang merah dijual dikisaran Rp 33 ribuan per Kg di Kota Medan. Akan tetapi pada dasarnya variasi harga bawang merah ada cukup banyak, dengan varian harga antara Rp 24 hingga Rp 40 ribu per Kg nya,” ucap dia.

Kata Gunawan, di pasar saat ini juga tersedia bawang peking yang dijual dikisaran Rp 12 ribu per Kg. Namun bawang tersebut memiliki segmentasi pasarnya sendiri.

Dan belum sepenuhnya mampu menggantikan kebutuhan bawang merah lokal yang banyak dikonsumsi masyarakat Sumut.

Disisi lain bawang putih juga demikian, ada yang dijual dalam rentang Rp 23 ribu hingga Rp 27 ribu per Kg. Namun secara keseluruhan untuk komoditas bawang dan cabai masih dalam tren naik.

Untuk komoditas pangan lainnya khususnya sumber protein. Harga daging ayam, telur ayam dan beberapa kebutuhan lain hingga akhir pekan masih bertahan di harga yang sama (mahal).

Daging ayam cukup stabil dikisaran Rp 30 ribuan per Kg, meskipun dengan variasi harga (Rp 28 hingga Rp 31 ribu). Telur ayam dikisaran Rp 26 ribuan per Kg, hingga daging sapi yang masih stabil dikisaran angka Rp 120 hingga Rp 130 ribu per Kg.

Minyak goreng dan gula pasir juga masih tidak mengalami perubahan, dan cenderung masih bertahan di kisaran 15 ribu per Kg untuk minyak goreng curah. Serta Rp 14 hingga Rp 15 ribu per Kg untuk harga gula pasir.

“Dengan tren harga kebutuhan pangan yang bertahan mahal tersebut. Saya menilai komoditas pangan berpeluang untuk bertahan mahal dengan kecendrungan naik menjelang Ramadhan nanti,” kata dia.

Seluruh stakeholder terkait, ungkap Gunawan, harus bisa mengantisipasi kemungkinan kenaikan harga tersebut.

Karena untuk tanaman hortikultura dia menilai dalam tren naik harganya, seiring dengan musim kemarau yang mulai datang.

Hanya minyak goreng yang sejauh ini memiliki peluang untuk mengalami penurunan. Seiring dengan upaya pemerintah yang terus menambah pasokan dengan pengendalian kebijakan pembatasan ekspor CPO.

“Saya menyarankan agar pemerintah daerah sudah mempertimbangkan kemungkinan kenaikan harga sejumlah kebntuhan pokok saat ini. Kita butuh mitigasi untuk menghindari kemungkinan harga naik jelang perayaan keagamaan besar nanti,” tandasnya. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan