Kajianberita.com
Beranda Headline Gubernur Edy Pastikan Lahan Sudah OK, Soal Pembangunan Sport Center ada Ditangan Pusat

Gubernur Edy Pastikan Lahan Sudah OK, Soal Pembangunan Sport Center ada Ditangan Pusat

Gubernur Sumut Edy Rahmadayi bersama Menpora Zainuddin Amali saat membahas rencana pembangunan Sport Center di Batangkuis, Deli Serdang

Medan –  Gubernur Edy kembali menegaskan kesiapan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebagai tuan rumah kegiatan PON 2024. Adapun pembangunan sport center sebagai salah satu pusat arena pertanidngan yang belum juga dimulai, menurut Gubernur Edy, bukanlah urusan Pemprovsu.  Pembangunan project itu sepenuhnya tanggungjawab Pemerintah Pusat.

“Kita sebatas menyiapkan lahan. Soal pembangunan dan pendanaan sepenuhnya ada di Kementerian PUPR. Kita akan selalu berkoordinasi dengan mereka dalam melaksanakan pembangunan itu, ” katanya.

Edy Rahmayadi menegaskan, pembangunan Sport Center yang berlokasi di Batangkuis, Deli Serdang akan dimulai pada September 2023. Edy yakin, project itu akan selesai sebelum PON berlangsung.

Hal itu disampaikan Edy saat mendampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali ketika menghadiri  Seminar Olahraga “Strategi Sumut dan Aceh meningkatkan prestasi olahraga dan kebangkitan ekonomi daerah” di Hotel Santika, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Jumat (10/2/2023).

Lahan Sport center yang dimaksud Gubernur Edy tepatnya berlokasi  di Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Deli Serdang. Saat ini sudah ada 300 hektar lahan yang tersedia untuk proyek itu.

Rencananya di tengah sport center itu akan dibangun lapangan bola dengan kapasitas 50 ribu penonton.  Sementara di sekitarnya dibangun sarana olahraga lainnya.

Pada pertemuannya dengan Menpora pekan lalu, Gubernur Edy berharap rencana pembangunan sport center itu dapat dipercepat.

Menpora  Zainuddin Amali mengamini permintaan itu. Ia berjanji akan mengkoordinasikan rencana pembangunan Sport center itu secepatnya dengan Kementerian PUPR.

“Ketersediaan lahan sudah  tuntas.  Saya akan meminta Kementerian PUPR secepatnya melaksanakan pembangunan itu,” katanya.

Kalaupun pembangunan sport center dimulai awal September 2023, Menpora memperkiran project itu akan selesai dalam 12 bulan, sehingga pada saat pembukaan PON 2024, semuanya akan tuntas.

Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh akan menjadi tuan rumah bersama pada pelaksanaan PON 2024. Seremoni pembukaan akan berlangsung di Aceh pada 5 September 2024, sedangkan penutupan di Kota Medan pada 19 September 2024.

Total sebanyak 67 cabang olahraga akan dipertandingan pada PON itu, di mana 33 cabang olahraga digelar di Aceh dan 37 cabang digear di Sumut.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut, Baharuddin Siagian menyebutkan, untuk di Sumut sendiri terdapat empat kabupaten/kota yang akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan cabang olahrga pada PON 2024, yakni Kota Medan, Kota Binjai, Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Deliserdang. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan