Kajianberita.com
Beranda Headline Bersama Komunitasnya, Lili Wanita Berdarah Jepang Eksis Kurangi Sampah di Medan

Bersama Komunitasnya, Lili Wanita Berdarah Jepang Eksis Kurangi Sampah di Medan

Ketua Komunitas BBM, Lili Fatma Jaya (dua dari kanan) bersama anggota BBM dan ditemani dua wanita Jepang saat melakukan aksi bersih sampah di kawasan Taman Beringin Medan. Sabtu, 12 Februari 2023. (Kajianberita/Kesuma Ramadhan)

PRIHATIN dengan Kota Medan kerap dicap sebagai kota terjorok, melatarbelakangi komunitas Bersih Bersih Medan (BBM) hadir untuk mengurangi sampah di sejumlah lokasi yang ada di Kota Medan.

Tanpa gaji, tanpa iming-iming dan janji, mereka terlihat tulus mengutip sampah warga yang tengah asyik duduk menikmati taman kota di kawasan Jalan Sudirman, Minggu (12/2/2023) sore.

Ya, aksi mereka pun menarik Kajianberita untuk mengetahui lebih dalam aksi yang mereka lakukan setiap dua minggu sekali itu.

Menariknya lagi, ada dua wanita Jepang yang tampak antusias membantu memungut sampah yang ada di sekitar para pengunjung taman sore itu.

Tanpa malu, dan tak sungkan kedua wanita Jepang itu turut melemparkan senyum saat disapa. Mereka pun tetap fokus mengurangi sampah dengan modal penjepit di kedua tangannya.

Wanita Jepang ini ternyata guru pembantu Bahasa Jepang di sejumlah kota di Indonesia, atau disebut Nihogo Partner (Partner Bahasa Jepang) yang tugas di Medan dan tertarik untuk bergabung membantu BBM.

Bagaimana perjalanan BBM hadir dan bisa menarik perhatian warga Asing itu? Ketua BBM, Lili Fatma Jaya coba menjelaskan.

Lili begitu dirinya disapa, mengaku jika komunitas BBM terbentuk sejak Agustus 2020 lalu. Namun sebelum adanya BBM dirinya bergabung dengan Medan Osoji Club (MOC) komunitas yang berdiri sejak November 2014 silam. Osoji sendiri merupakan bahasa Jepang yang memiliki arti Bersih-Bersih.

Kenapa berbahasa Jepang? Lili mengaku ketua MOC merupakan orang Jepang bernama Tsunoda. Namun, sejak Pandemi, MOC pun sempat vakum. Sehingga Lili memutuskan untuk menyerahkan tugasnya di MOC kepada kaum muda.

Lili yang memiliki ibu asli Jepang dan ayah Melayu itu pun selanjutnya berinisiatif mendirikan BBM dan kembali melanjutkan aksi bersih-bersihnya di Kota Medan.

Halaman: 1 2 3
Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan