Kajianberita.com
Beranda Hiburan Kirim Pesan Romantis ke Orang Tersayang, Percayakan ChatGPT

Kirim Pesan Romantis ke Orang Tersayang, Percayakan ChatGPT

Ilustrasi ungkapan kasih sayang dengan teknologi. (kajianberita/timesofindia)

JAKARTA – Besok hari Valentine. Bagi yang punya pasangan atau sekadar ingin berbagi kasih sayang dengan orang terdekat, hal yang paling mudah dilakukan adalah mengirimkan ucapan.

Di zaman serba modern ini kita tak perlu pusing memikirkan kata-kata apa yang perlu ditulis. Sebab sejak bisa menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) populer melalui layanan ChatGPT.

Seperti dilansir CNBC, menurut survei yang dilakukan McAfee, menunjukkan ChatGPT laku keras menjelang hari kasih sayang pada 14 Februari mendatang.

McAfee menganalisa 5.100 orang untuk mendukung hipotesisnya. Hasilnya, 42% pria di Amerika Serikat mengaku bakal memakai ChatGPT untuk menuliskan kata-kata manis ke sang kekasih pada Valentine’s Day.

Jumlah itu berbeda jauh pada perempuan, yang jumlahnya kurang dari seperlima.

Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas perempuan lebih memilih membuat kata-kata sendiri ketika ingin mengapresiasi pasangan di hari kasih sayang.

Keadaan berbalik saat posisi mereka menjadi penerima pesan cinta itu. Ada 50% wanita asal AS yang tersinggung atau terluka jika diberi kalimat gombal dari AI, dikutip Fast Company, Senin (13/2/2023).

Para peserta survei ternyata tidak bisa membedakan surat yang dibuat oleh ChatGPT dengan buatan manusia. Ada 39% responden yang menyatakan kalimat di dalamnya dibuat manusia dan 37% menjelaskan tidak tahu.

Hanya sekitar seperempat dari responden atau 24% yang yakin kalimat-kalimat dalam surat cinta itu dibuat chatbot asal OpenAI.

Puisi yang dibuat ChatGPT juga menang telak dari penulis abad 20 asal AS, EE Cummings. Hasil tulisannya memenangkan hati 67% dari responden dan disebut sebagai puisi yang romantis.

Lebih memilih dibuatkan kata gombal dari chatbot ternyata terkait kepercayaan diri manusia itu. Survei menyatakan 32% mengatakan lebih percaya diri dengan surat yang ditulis AI dan 24% menjawab tidak tahu apa yang harus dikatakan atau mengetahui apa yang ingin didengar pasangan.

Sementara 20% menjawab menggunakan AI karena mereka tidak punya waktu lagi membuatnya. Sekitar 10% merasa mereka tidak akan ketahuan menggunakannya dan lebih cepat serta mudah.

Cara pakai ChatGPT di OpenAI

Pengguna bisa menggunakan OpenAI pada browser dari laptop maupun HP. Berikut cara menggunakannya:

Buka situs https://chat.openai.com di PC/laptop atau smartphone.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk login sebelum menggunakan ChatGPT.

Bila belum punya login, Anda dapat mendaftar menggunakan email atau langsung pakai akun Google atau Microsoft.

Setelah berhasil login, silakan masukkan kalimat pertanyaan atau pernyataan pada kolom percakapan yang tersedia.

Selanjutnya, kirim dan ChatGPT bakal memberikan tanggapannya.

Sempat bisa diakses gratis, ChatGPT mulai membuka opsi berlangganan. Mengutip beberapa pengguna, The Verge melaporkan harganya US$42 per bulan.

Akses berbayar tersebut dinamakan ChatGPT Pro, yaitu ChatGPT yang memberikan respons lebih cepat, akses yang lebih diandalkan, dan prioritas untuk mencoba fitur terbaru. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan