Kajianberita.com
Beranda Olahraga Tiba di Belawan, Kapal F1H20 Powerboat Langsung Berangkat ke Danau Toba

Tiba di Belawan, Kapal F1H20 Powerboat Langsung Berangkat ke Danau Toba

Truk kontainer yang membawa kapal dan logistik F1 H20 diberangkatkan dari Belawan menuju Balige, Danau Toba, selama dua hari Minggu (12/2/2023) dan Senin (13/2/2023). (Kajianberita/Dok Polres Pelabuhan Belawan).

MEDAN – Sejumlah kapal balapan Internasional F1H20 Powerboat telah tiba di terminal peti kemas Pelabuhan Belawan Indonesia.

Kepolisian Resor (Polres) Belawan pun turut mengawal keberangkatannya dari Kota Medan hingga ke Danau Toba, tempat diselenggarakannya F1H20 Powerboat.

Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon menuturkan, pengiriman kapal peserta balap ini akan berlangsung dua hari, yakni dari Minggu (12/2/2023) hingga Senin (13/2/2023) dan diangkut menggunakan delapan unit kontainer dari Belawan ke Balige lewat jalur darat.

“Sebanyak 131 personel dikerahkan untuk pengamanan keberangkatan logistik F1 H20 selama dua hari,” kata Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Josua Tampubolon, Senin (13/2/2023).

Ia mengungkapkan, personel disebar di titik – titik yang rawan untuk memastikan tidak ada gangguan terhadap distribusi logistik F1 H20.

Kapal dan logistik lainnya diangkut menaiki 16 kontainer yang keberangkatan dibagi selama dua hari, yakni delapan kontainer pada Minggu dan delapan kontainer pada hari Senin.

“Kami akan melakukan pengawalan sampai batas wilayah kami dan kemudian dilanjutkan Polres berikutnya secara estafet. Sementara dari PJR Polda Sumut dan Brimob Polda Sumut akan melakukan pengawalan sampai ke lokasi di Balige,” jelasnya.

Diketahui, event balap air F1H20 ini akan dihelat di Danau Toba pada tanggal 24-26 Februari 2023. Diperkirakan puluhan ribu wisatawan memadati Balige.

“Lebih dari 25 ribu wisatawan dalam dan luar negeri diprediksikan akan memadati Balige, tempat digelarnya F1H2O. Ini menjadi potensi luar biasa,” kata Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Edy Rahmayadi di Medan beberapa waktu lalu.

Edy menjelaskan, kegiatan F1 H2O adalah pertama di Indonesia dan diadakan di danau air tawar.

“Ini yang pertama di negara kita, dan pertama di air tawar, harus berjalan lancar karena kontraknya lima tahun. Kesuksesan perdana menentukan di tahun depan, tahun depannya lagi sampai empat tahun ke depan,” jelas Edy.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menuturkan, persiapan sudah dilakukan dengan matang dari sisi pengamanan F1 H2O, termasuk rekayasa lalu lintas, memasang CCTV, menyiapkan kantong-kantong parkiran dan fasilitas penunjang lainnya. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan