Kajianberita.com
Beranda Olahraga Edy Rahmayadi Coret Anggaran Rally Danau Toba 2023

Edy Rahmayadi Coret Anggaran Rally Danau Toba 2023

Gubernur Edy Rahmayadi coret biaya Rally Danau Toba 2023. (kajianberita/kominfo sumut)

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi telah mencoret anggaran untuk membantu biaya kegiatan Rally Danau Toba 2023.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, Harus Mustafa Nasution pun membeberkan hal terkait Edy Rahmayadi mencoret anggaran Rally Danau Toba 2023 tersebut.

Pasalnya, Rally Danau Toba 2023 direncanakan akan menggelar satu series Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Asia Pasific Rally Championship (APRC), yang akan digelar pada September dan November 2023.

“Kami tidak tahu suatu hal, anggaran (Rally Toba) itu dicoret (Gubernur Sumut), tidak ada anggaran ini dibantu oleh Pemprov Sumut,” sebut Harun dalam Diskusi Panel digelar Forlispar bersama BPODT di Medan, kemarin.

Harun yang juga Wakil Ketua DPRD Sumut itu, optimis tanpa ada bantuan dari Pemprov Sumut, Rally Danau Toba 2023 akan tetap berjalan dengan sukses.

“Kami sama pak Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu), Musa Rajekshah yakin bisa terselenggara dengan baik tanpa dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Mudah-mudahan doa kita bersama, bisa berjalan dengan baik,” jelas Harun.

Harun mengungkapkan, rally merupakan olahraga otomotif yang murah dibandingkan dengan MotoGP, yang memerlukan biaya besar untuk membangun sirkuit.

“Dari semua event otomotif, paling murah menyelenggarakan, Mandalika harus ada sirkuit, biaya triliun rupiah, harapan kita. Indonesia Timur ada Mandalika, Formula E ada di Jakarta, Sumatera Utara lah ada Rally. Rally tidak perlu sirkuit, jalan dirapikan sudah bisa kami main rally,” jelas Harun.

Harun menambahkan, Rally Danau Toba 2023, merupakan even olahraga memberikan kontribusi besar dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun mencatat PAD dari hotel selama Rally Danau Toba 2022, lalu sebesar Rp 1 miliar lebih, belum yang lainnya.

Sementara itu, Wagubsu, Musa Rajekshah mengungkapkan Rally Danau Toba 2023 tetap berjalan dengan baik sampai saat ini. Apa lagi, Danau Toba mendapatkan 2 series APRC yang mampu mendatangkan kunjungan wisatawan dengan jumlah besar.

“Pemprov Sumut tidak memberi biayai (Rally Danau Toba), mungkin ada yang lebih penting dari even ini makanya dialihkan dananya. Tapi even kita jalan artinya kita tetap berkomitmen pasti jalan even ini,” ungkap pria yang akrab disapa dengan Ijeck itu.

Ijeck merupakan pereli nasional itu, mengatakan ajang Rally Danau Toba 2023 ini, bukan semata-mata memuaskan hobi saja. Tapi, mengedepankan pengembangan destinasi pariwisata Danau Toba memalui event sport tourism tersebut.

“Dengan Sumbangsih daerah, harapan kita lebih besar dan ini tetap jalan. Saya yakin karena ini untuk kepentingan negara. Kepentingan daerah untuk mengangkat ekonomi masyarakat,” pungkas Ijeck. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan