Kajianberita.com
Beranda Headline F1 Powerboat Diharapkan Bisa Membuat Toba Sejajar dengan Monako dan Abu Dhabi

F1 Powerboat Diharapkan Bisa Membuat Toba Sejajar dengan Monako dan Abu Dhabi

Para peserta F1 Powerboat World Champion di Danau Toba tampak mempersiapkan diri untuk mencoba venue. kejuraan dunia powerboat ini akan berlangsung di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023

Jakarta — Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo meyakini, ajang F1 Powerboat H2O yang digelar di Danau Toba, Sumatera Utara bakal membawa Toba dikenal sebagai destinasi pariwisata kelas dunia.

Khususnya untuk Balige, yang jadi pintu masuk untuk menjelajah Danau Toba sekaligus lokasi event balap perahu cepat kelas dunia tersebut. Tiko, sapaan akrabnya percaya, acara tersebut akan bikin Balige sejajar dengan Monako dan Abu Dhabi, dua kota besar dunia yang sebelumnya jadi tuan rumah F1 Powerboat.

“Ini menarik, kita membuat event F1 Powerboat di Balige. Ini jadi sesuatu yang unik, karena kita bikin event yang biasanya ada di tempat-tempat yang kelasnya Monako, Abu Dhabi, sekarang ada di Balige,” ujar Tiko dalam acara media gathering di Kantor InJourney, Gedung Sarinah, Jakarta, Selasa (14/2).

“Moga-moga ini benar-benar bisa meningkatkan awareness dan kinjungan wisata ke Sumatera Utara, khususnya Danau Toba dan Samosir,” imbuhnya.

Secara rencana, Tiko menyebut pemerintah ingin membuat Indonesia tidak hanya dikenal sebagai Bali saja. Terlebih Indonesia menurut pandangan turis dunia masih kalah dengan negara-negara tetangga di Asia Tenggara.

“Saya bilang, kita pre covid di Asia Tenggara saja kita masih nomor 5 (destinasi favorit wisatawan mancanegara), diharapkan nanti pasca covid dan ke depan kita minimal nomor 2 lah,” kata Tiko.

“Jujur saja kompetitor terbesar kita Thailand. Thailand luar biasa memang. Kita paling tidak bisa melewati Malaysia, Singapura sama Vietnam,” sebutnya.

Padahal, Indonesia sudah diakui sebagai negara tercantik dunia, tapi secara promosi untuk kunjungan wisata masih belum kuat. Oleh karenanya, event kelas dunia bakal jadi tempat untuk bisa mempromosikan Indonesia ke dunia.

“Indonesia kan sudah di-hold sebagai the most beautiful country in the world. Tinggal kita punya alasan, punya event, untuk orang-orang datang ke Indonesia. Kalau kita perbanyak event-event di berbagai destinasi, terutama 5 destinasi ini, mereka akan datang. Sehingga mereka tidak ragu lagi Indonesia adalah negara paling cantik di dunia,” tuturnya. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan