Kajianberita.com
Beranda Headline Demokrat Yakin AHY Penuhi 5 Kriteria yang Diinginkan Anies Baswedan

Demokrat Yakin AHY Penuhi 5 Kriteria yang Diinginkan Anies Baswedan

Demokrat yakin AHY penuhi lima kriteria yang diinginkan Anies sebagai wakilnya. (Kajianberita/Humas Demokrat)

SEBELUMNYA, calon presiden usungan Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, pernah menyampaikan bocoran 5 kriteria cawapresnya di 2024 nanti.

Menyahuti hal itu, Partai Demokrat pun merasa yakin jika kelima kriteria yang dimaksud Anies ada pada sosok Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Tentu apa yang disampaikan oleh Pak Anies dimiliki oleh Ketum Partai Demokrat Mas AHY. Lima kriteria objektif cawapres yg dijelaskan Pak Anies sejak jauh-jauh hari sudah beliau sampaikan dan konsisten. Konsistensi itu pulalah yang kemudian makin menguatkan seluruh masyarakat pendukung Koalisi Perubahan,” kata Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution, Rabu (15/2/2023).

Syahrial juga menjelaskan kemampuan AHY mengurus Partai Demokrat. Dia mengungkit persoalan pembegalan Partai Demokrat yang sempat terjadi beberapa saat lalu.

“Jika kita sedikit runut ke belakang, bagaimana kemampuan Mas AHY mensolidkan struktur partai dalam menghadapi pembegalan Demokrat oleh KSP Moeldoko dan kawan-kawan. Maka akan terasa juga nantinya kemampuan Mas AHY dalam mengorkestrasi struktur Demokrat manakala Anies-AHY bertempur memenangkan Pilpres 2024,” ucapnya.

“Beliau sudah melalui tahapan pembuktian ketika menghadapi orang yang berlindung di balik istana. Tidak akan mudah digertak apalagi ditundukkan dengan cara-cara kekuasaan yang tidak konstitusional,” ujarnya melanjutkan.

Selain itu, Syahrial memandang kepemimpinan AHY di Demokrat juga akan memperkuat kedudukan Koalisi Perubahan bagi rakyat. Dia pun tidak ragu AHY mampu membawa Anies menangkan kontestasi.

“Kemampuan memimpin Mas AHY di partai otomatis akan memperkuat kedudukan Koalisi Perubahan di mata rakyat. Tidak ada keraguan dari rakyat bahwa Koalisi Perubahan yang terdiri dari Demokrat, Nasdem dan PKS. Karena memang memiliki kemampuan untuk tidak hanya mengusung capres dan cawapres, melainkan juga memenangkan kontestasi,” ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi menanyakan apa kriteria Cawapres di Pemilu 2024 untuk Anies Baswedan. Anies pun membeberkan ada 5 kriteria cawapresnya.

“Satu, teknokratik, bahwa punya kontribusi siginifikan pada pemenang. Kedua, bisa memperkuat barisan koalisi untuk perubahan. Tiga, bisa membantu menjalankan pemerintahan dengan efektif. Itu tiga kriteria, obyektif,” ujarnya.

“Kemudian keempat, adalah memiliki garis perubahan yang sama bahwa ini adalah pasangan yang menawarkan perubahan. Yang kelima, tentu saja kemistri kerja bersama yang solid,” lanjutnya mengakhiri. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan