Kajianberita.com
Beranda Sumut Gawat! 1.700 Lanskap Masih Berantakan, Pemko Bakal Tambah di 10 Ruas Jalan

Gawat! 1.700 Lanskap Masih Berantakan, Pemko Bakal Tambah di 10 Ruas Jalan

Lampu lansekap yang ada di ruas jalan di Kota Medan, yang kini masih berantakan. (kajianberita/ikha)

MEDAN – Belum lagi tuntas pembangunan jalan dan pemasangan 1.700 lampu jalan di trotoar (lampu lanskap), Pemerintah Kota (Pemko) Medan akan menambah proyek lampu tersebut di 10 ruas jalan di Kota Medan.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Binas Konsturksi (SDABMBK) atau Dinas Pekerjaan Umum (PU) Medan Willy Irawan, mengakui adanya rencana pemasangan lansekap tersebut di 10 ruas jalan, meski yang lama masih berantakan.

“Kalau untuk pembangunan 1.700 lanskap saat itu masih dipegang oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan, namun karena sudah dilebur maka terkait lanskap ini diambil alih oleh Dinas PU Medan,” katanya dilansir dari Tribun, Rabu (15/2/2023).

Adapun 10 ruas jalan tersebut yakni Jalan Balai Kota, Jalan Brigjend Zein Hamid, Jalan Cirebon, Jalan Juanda, Jalan Letda Sudjono, Jalan Marelan Raya, Jalan Mongonsidi, Jalan Pelangi, Jalan Setiabudi, dan Jalan Williem Iskandar.

Namun, ia tidak dapat memastikan kapan rencana pemasangan 10 ruas jalan tersebut akan dibangun. Pihaknya masih menyusun dokumen perencanaan, sehingga di tahap selanjutnya adalah masuk dalam proses pelelangan.

“Saat ini masih menyusun dokumen perencanaan pembangunan lanskap. Kemungkinan akan ada perubahan rancangan dari yang sebelumnya. Kalau tidak ada halangan dalam waktu dekat ini akan dilelang,” ujarnya

“Karena pada tri wulan kedua atau perkiraan April Hingga Juni proyek itu sudah masuk dalam tahap pekerjaan fisik,” sambungnya lagi.

Menurut Willy, saat ini masih dilakukan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan, lantaran kemungkinan ada perubahan desain dari lanskap yang telah dibangun di delapan ruas jalan sebelumnya.

Tentunya, lanjut Willy, dengan adanya perubahan desain, maka dipastikan akan terjadi perubahan anggaran untuk pembangunan lanskap di 10 ruas jalan tersebut.

“Yang pasti anggaran per ruas jalanya lebih kecil dibanding pembangunan lansekap ruas jalan tahun lalu,” urainya.

Diketahui, Pemko Medan pada 2022 lalu telah membangun 1.700 lanskap di delapan ruas jalan dengan anggaran mencapai Rp25,7 miliar. Delapan ruas jalan tersebut di antaranya Jalan Gatot Subroto, Jalan Sudirman, Jalan Imam Bonjol, Jalan Putri Hijau, Jalan Brigjen Katamso, Jalan Juanda dan Jalan Suprapto.

Proyek tersebut pada tahun lalu dipegang oleh Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan. Namun, proyek tersebut berantakan. Apalagi, pada Januari 2023 dilebur, membuat pemasangan lansekp terkesan amburadul. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan