Kajianberita.com
Beranda Sumut Jelang Pemilu 2024, Kemenkumham Sumut Mutakhirkan Data Narapidana dan Tahanan

Jelang Pemilu 2024, Kemenkumham Sumut Mutakhirkan Data Narapidana dan Tahanan

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumut, Imam Suyudi saat berkunjung ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumut, Rabu (15/2/2023). (kajianberita/istimewa)

MEDAN – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, melakukan pemutakhiran data narapidana dan tahanan yang masuk ke dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Langkah itu disampaikan Kepala Kanwil Kemenkumham Sumut, Imam Suyudi, saat berkunjung ke Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, Kependudukan Dan Catatan Sipil Provinsi Sumut, Rabu (15/2/2023).

“Tujuan dari koordinasi ini guna melakukan pemutakhiran data Narapidana dan Tahanan yang termasuk dalam DP4 di lapas/rutan di Sumatera Utara,” kata Imam didampingi Kasubbid Pembinaan, Teknologi Informasi, dan Kerjasama, Pariaman Saragih.

Imam Suyudi menjelaskan kunjungan ini juga sebagai salah satu tindak lanjut Surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Nomor : PAS-UM.01.01-01 Perihal Pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pemilu 2024 di lapas/rutan wilayah Provinsi Sumut.

“Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari surat Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumut, Marzuki
menuturkan anomali data pada aplikasi sistem database pemasyarakatan akan berpengaruh kepada data pemilih untuk Pemilu 2024 di lapas/rutan.

Menurutnya, pemadanan data NIK tersebut dilakukan bersama dengan Dinas Dukcapil setempat.”Pemadanan data NIK di lapas/rutan harus dilakukan bersama Dinas Dukcapil setempat,” urainya

Usai berkunjung ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sumut,
Kepala Kanwil Imam Suyudi, langsung bertolak ke Disdukcapil Kota Medan dan diterima Kadis Dukcapil Kota Medan, Baginda P. Siregar.

Di sana, Imam menyampaikan jumlah penghuni dan data napi/tahanan yang belum memiliki NIK agar dapat melakukan perekaman KTP untuk napi/tahanan yang menghuni lapas/rutan di Sumut. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan