Kajianberita.com
Beranda Hiburan Masya Allah, Ivan Gunawan Bangun ‘Masjid Indonesia’ di Uganda

Masya Allah, Ivan Gunawan Bangun ‘Masjid Indonesia’ di Uganda

Ivan Gunawan (kajianberita/Instagram Ivan Gunawan)

JAKARTA – Ada cerita menyentuh dari Ivan Gunawan. Bagaimana tidak, desainer kondang Tanah Air ini membangun masjid di Uganda.

Ivan Gunawan membangun masjid itu karena memang memiliki janji atau nazar ke dirinya sendiri. Lalu, Masjid itu pun diberi nama dengan Masjid Indonesia.

“Jadi begini, saya kan pernah punya nazar ‘gue ingin punya masjid’, tapi dari kemarin prosesnya pas mau bikin masjid di Indonesia itu enggak ketemu titiknya,” kata Ivan Gunawan yang dikutip dari kanal YouTube Eko Patrio, Rabu (15/2/2023).

Ivan Gunawan pun akhirnya menemukan unggahan di Instagram dari sebuah lembaga amal.

Lembaga itu dalam unggahannya menyoal tentang kesulitan air bersih di Uganda.

Ivan pun tertarik dan bertanya soal anggaran pembangunan sumur air di negara Afrika tersebut.

Sumbangannya untuk air bersih pun terealisasi, hingga kemudian lembaga amal tersebut kembali mengunggah kondisi masjid di Uganda.

“Di Uganda, mereka salat di bawah ranting-ranting. Enggak ada sajadah, jadi di atas tanah itu ditaruh daun-daun begitu,” katanya

Saya tanya ke (lembaga amal), karena saya kan emang ingin bikin masjid,” sambung Ivan yang dilansir dari CNN.

Ivan Gunawan pun bertanya soal berapa biaya untuk bangun masjid. Setelah dikasih angka berapa budgetingnya, Ivan pun lantas mengirim uangnya.

Ternyata, lembaga amal itu amanah dalam menjalankan titipannya tersebut. Nazar membangun masjid pun terjadi.

Bahkan, Ivan meminta sahabatnya mendesain masjid untuk di Uganda. Desain itu lalu dikirim ke sana.

“Menurut teman saya di Uganda, satu-satunya masjid yang warna putih itu ya punya saya. Di sana masjid warnanya oranye, shocking pink, hijau, kuning. Saya kasih nama Masjid Indonesia,” ungkapnya.

Ivan menyebut masjid tersebut sebenarnya sudah diresmikan dengan sejumlah kegiatan, seperti sembelih dua ekor sapi yang kemudian dimasak dan dinikmati sekitar 1.000 warga setempat.

Ia juga sempat mengunggah di akun media sosialnya, termasuk soal tampak luar dari masjid yang berdesain minimalis tersebut.

Mantan kekasih penyanyi Rossa itu pun, rencananya akan berpuasa di Uganda. “Rencana puasa nantinanti, saya mau ke sana,” ungkapnya. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan