Kajianberita.com
Beranda Headline OPM Masih Menyandera Pilot Susi Air, Ini Foto-Fotonya

OPM Masih Menyandera Pilot Susi Air, Ini Foto-Fotonya

Pilot Susi Air Kapten Philips Max Mehrtens bersama pasukan OPM di tengah hutan Papua. OPM mengaku memperlakukan pilot itu dengan baik

Pilot Susi Air Kapten Philips Max Mehrtens sudah lebih sepekan ini berada dalam penyanderaan pasukan  Organisasi Papua Merdeka (OPM). Saat ini kondisi pilot itu dikabarkan sehat saja. OPM merilis foto-foto terbaru yang menunjukkan kondisi Pilot Susi Air Kapten Philips Max Mehrtens di bawah penyanderaan mereka. Kajianberita.com termasuk yang mendapat kiriman photo tersebut.

Pilot asal Selandia Baru itu sudah disandera terhitung sejak pesawat yang ditumpanginya dibakar pada Selasa (7/2) sampai hari ini (15/2). Berdasarkan foto dan video yang dikirim oleh Juru Bicara Komnas TPNPB-OPM Sebby Sambom, Philips tampak memakai celana pendek dan baju berwarna hitam.

Dia juga terlihat memakai jaket jeans berwarna biru, topi dan memakai sepatu lengkap. Philips berdiri dan dikelilingi oleh pasukan TPNPB-OPM. Beberapa di antara mereka terlihat mengacungkan senjata api.

Dalam salah satu video Philips menyampaikan pesan singkat, “Papua OPM menangkap saya untuk Papua Merdeka.” Dia juga melanjutkan mengatakan kalimat yang sama dalam versi bahasa Inggris.

“Kelompok Papua menangkap saya dan mereka berjuang untuk kemerdekaan Papua. Mereka minta agar militer Indonesia pulang dan jika tidak mereka tetap menahan saya dan keselamatan saya akan terancam,” kata Philips menambahkan.

Philip Mark Mehrtens yang pilot berkebangsaan Selandia Baru saat ini bersama Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoyadi Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua PegununganPhilip Mark Mehrtens, pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru saat ini menjadi sandera kelompok OPM pimpina Egianus Kogoya. Arsip Istimewa

Dalam potongan video yang lainnya, Sebby mengakui pihaknya menyandera Philips sebagai jaminan agar kemerdekaan Papua diakui. OPM menjadikan Philips sebagai tahanan politik.

Hal itu diucapkan Sebby didampingi oleh Ketua Dewan Militer TPNPB Kodap III Ndugama-Derakma, Mayor Oscar Wandikboia.

“Kami sampaikan bahwa secara resmi kami telah terima foto dan video pasukannya [Oscar], di mana mereka melaporkan pilot asal Selandia Baru resmi mereka tahan sebagai jaminan politik sebagai negosiasi hak kemerdekaan Papua Barat,” ujar Sebby dalam video berdurasi 2.51 menit.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen M. Saleh Mustafa telah mengonfirmasi bahwa foto-foto dan video yang dirilis oleh OPM tersebut benar merupakan Kapten Philips pilot Susi Air.

“Iya betul itu pilot Philip,” tegas Saleh Mustafa, Selasa (14/2).

OPM pada pekan lalu telah mengaku bertanggung jawab atas pembakaran Pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY dan menyandera pilot pesawat yang tak lain Kapten Philips.

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan