Kajianberita.com
Beranda Nasional Tiba di Tapteng, KH Ma’ruf Amin Disuguhi Tari Tepak Sirih

Tiba di Tapteng, KH Ma’ruf Amin Disuguhi Tari Tepak Sirih

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut, Arief Sudarto Trinugroho bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumut Nawal Lubis dan Forkopimda menyambut kedatangan Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Ma’ruf Amin di Bandar Udara FL. Tobing, Kabupaten Tapanuli Tengah, Selasa (14/02/2023). Adapun kunjungan Wapres dalam rangka menghadiri acara Barus Bershalawat untuk Indonesia. (DISKOMINFO SUMUT)

TAPTENG – Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin didampingi Ibu Hj Wury, tiba di Bandara FL Tobing Tapanuli Tengah (Tapteng) Sumatera Utara (Sumut) dalam rangka kunjungan kerja ke kawasan Barus, Selasa (14/2/2023) petang.

Kehadirannya mendapat sambutan tarian Tepak Sirih dari siswa/siswi SMP Negeri 1 Sibolga.

Menyambut kedatangan Wakil Presiden (Wapres) RI, di antaranya Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI A Daniel Chardin, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak.

Hadir juga Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis didampingi Ketua Persit Kartika Chandra KiranaPD I/BB Ny Intan Daniel Chardin, Ketua Bhayangkari Daerah Sumut Rita Panca Putra, Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari serta jajaran Forkopimda Tapteng dan Sibolga.

Mendarat di Bandara FL Tobing, Pinangsori Tapteng, rombongan Wapres disambut Sekdaprov bersama Ketua TP PKK Sumut serta unsur jajaran Forkopimda provinsi menyambut kedatangan KH Ma’ruf Amin dengan tarian Tepak Sirih, khas pesisir pantai Barat Sumatera.

Agenda utama Wapres dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Sumatra Utara kali ini untuk menghadiri acara ‘Barus Bershalawat untuk Indonesia yang akan diselenggarakan di Lapangan Merdeka Barus, Padangmasiang, Kecamatan Barus, Kabupten Tapanuli Tengah, Rabu (15/2/2023) pagi.

Selain itu, Wapres juga akan singgah di Masjid Raya Barus untuk melakukan penanaman bibit kamper dan pohon rempah.

Melengkapi agenda kunjungan kerjanya di Tapanuli Tengah, Wapres juga akan berziarah ke Kompleks Makam Mahligai yang berada di Desa Daek Dakka.

Sebagai informasi, Barus menurut berbagai literatur merupakan kota tua. Jauh lebih tua sebelum peradaban nusantara yang lahir dan tumbuh. Sempat dikenal sebagau Kota Emporium pada abad ketujuh. Sebagai kota pelabuhan internasional yang disinggahi oleh saudagar dari berbagai negeri di belahan dunia.

Derah ini cukup potensial untuk dikembangkan menjadi kawasan Wisata Sejarah, sekaligus menjadi spot Wisata Religi unggulan di Tapanuli Tengah.

Tampak dalam penyambutan Wapres RI tersebut, Sekdaprov Sumut mengenakan batik coklat bermotif wayang berwarna abu-abu, selaras dengan wargan batik yang digunakan RI 2.

Begitu juga pakaian yang dikenakan Ketua TP PKK Sumut, Nawal Lubis dengan motif tenun berwarna merah jingga dengan dasar abu-abu, dipadu hijab merah muda. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan