Kajianberita.com
Beranda Headline Dulu Berjibaku Mendirikan Hanura, Kini Wiranto Justru Gabung PAN

Dulu Berjibaku Mendirikan Hanura, Kini Wiranto Justru Gabung PAN

jenderal TNI (Purn) Wiranto, pendiri Partai Hanura yang dikabarkan pindah ke PAN

Jakarta – Semua orang tahu bahwa keberadaan Partai Hanura tidak lepas dari sosok Wiranto. Sejak awal berdiri  pada Desember 2006, Wiranto berjuang keras untuk membesarkan partai itu. Tidak sedikit biaya yang dikeluarkannya untuk mengangkat Hanura menjadi salah satu partai yang diperhitungkan dalam jagat politik Indonesia.

Anehnya, setelah lebih dari 16 tahun membangun partai itu, Wiranto tiba-tiba memutuskan pindah menjadi kader partai lain. Wiranto dikabarkan telah bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) menjelang Pemilu dan Pilpres 2024.

Kabar kepindahan Wiranto ke PAN dibenarkan oleh politikus Hanura, Inas Nasrullah. Dia mengaku menghormati keputusan mantan ketua umumnya itu.

“Bergabung-nya pak Wiranto ke Partai Amanat Nasional adalah pilihan dan keputusan yang harus dihormati oleh siapapun,” kata Inas saat dihubungi, Kamis (16/2).

Inas menyebut Wiranto bukan saja sebagai politikus, namun juga negarawan. Menurut dia, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden itu memiliki rekam jejak panjang di pemerintahan sejak Orde Baru.

Oleh karena itu, kepindahan Wiranto menurut dia jadi keuntungan bagi PAN menghadapi Pemilu. Dia bilang keberadaan Wiranto akan menjadi mesin politik baru bagi partai matahari putih.

“Ketika pak Wiranto melego jangkar-nya untuk berlabuh di partai besutan Zulkifli Hasan tersebut, karena akan menambah kekuatan politik Partai Amanat Nasional,” katanya.

Meski begitu di sisi lain, Inas mengaku tetap kehilangan orang yang membesarkan namanya. Dia menyebut Wiranto memiliki peran besar bagi Hanura sejak didirikan pada 2006.

“Sebagai kader Hanura yang pernah dibesarkan oleh pak Wiranto, tentu akan merasa kehilangan tokoh besar yang telah berjasa mendirikan partai Hanura,” katanya.

Hingga berita ini ditulis belum ada komentar resmi dari PAN dan juga Wiranto terkait kabar bergabungnya Wiranto. CNNIndonesia.com masih berupaya menghubungi Wiranto untuk meminta tanggapan.

Namun Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto sebelumnya membenarkan kabar seorang mantan Ketua Umum partai dan seorang jenderal purnawirawan akal bergabung. Dia tak menyebutkan nama sosok tersebut. Dia bilang hal itu akan diumumkan PAN dalam Rakornas partai 26 Februari mendatang di Semarang, Jawa Tengah.

Tidak jelas apa alasan Wiranto meninggalkan partai yang didirikanya. Namun kemungkinan besar hal itu didasari perkembangan partai yang kian menyusut. Apalagi sejumlah survei menunjukkan kalau elektabilitas Hanura  menurun tajam pada Pemilu 2024. sementara Wiranto tak mau kehilangan panggung, maka itu ia memilih pindah ke partai lain. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan