Kajianberita.com
Beranda Headline Bersiap-siap, Mulai Maret Pertamina akan Ujicoba  Sistem Subsidi Tepat di Sumut

Bersiap-siap, Mulai Maret Pertamina akan Ujicoba  Sistem Subsidi Tepat di Sumut

Medan –   Upaya untuk menerapkan kebijakan subsidi tepat sasaran akan dilakukan Pertamina di wilayah Sumut mulai Maret tahun ini. Kebijakan itu akan berlaku bagi kendaraan roda empat atau lebih.

Sehubungan dengan langkah itu, semua pemilik kendaraan di Sumut diwajibkan  mendaftarkan kendaraannya melalui website https://subsiditepat.mypertamina.id/. Untuk mempermudah masyarakat mendaftarkan kendaraannya, saat uji coba full cyle nanti akan disediakan booth pendaftaran langsung di SPBU.

Rencana  ini diungkap saat berlangsungnya rapat koordinasi antara Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) bersama unsur Pemprovsu di Kantor Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Medan, Jumat (17/2/23).

Rapat koordinasi itu dihadiri Sales Area Manager (SAM) Sibolga PT Pertamina Patra Niaga Benny Hutagaol, Kepala Biro Perekonomian Pemprov Sumut Naslindo Sirait, Dinas Perhubungan, dan aparat penegak hukum.

Selain melakukan penyampaian detail program subsidi tepat, pihak Petamina juga memaparkan kesiapan menjelang penerapan full cycle Subsidi Tepat di Sumut.

“Program Subsidi Tepat dilakukan agar penyaluran BBM Subsidi (Solar Subsidi dan Pertalite) tepat sesuai segmen yang diatur oleh pemerintah. Pendaftaran kendaraan secara online juga bertujuan melindungi konsumen yang berhak,” kata Benny.

Kebijakan subsidi tepat sasaran ini telah diatur dalam pada Perpres Nomor 191 Tahun 2014 mengenai Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak dan Surat Keputusan BPH Migas No. 04/P3JBT/BPH MIGAS/KOM/2020 mengenai Pengendalian Penyaluran Jenis BBM Tertentu, bahwa Pertamina diwajibkan menyalurkan BBM tepat sasaran kepada konsumen.

Tentang kewajiban pemilik kendaraan mendaftarkan kendaraannya secara online, menurut Benny,  telah tertuang dalam Peraturan BPH Migas No 06 Tahun 2013.

Benny menjelaskan langkah itu dilakukan agar tercapai pola pengendalian BBM Subsidi dengan Program Subsidi Tepat, kesiapan menjelang penerapan full cycle Subsidi Tepat di Sumut, dan proses bisnis sistem Subsidi Tepat di SPBU.

Program Subsidi Tepat, tambah Benny, akan dapat meningkatkan pendapatan daerah dikaitkan dengan peningkatan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dari meningkatnya penjualan BBM non subsidi.

Kepala Biro Perekonomian Pemprov Sumut Naslindo Sirait menyambut baik sosialisasi yang dilakukan Pertamina dalam rangka mendukung Program Subsidi Tepat.

“Ini adalah program yang sangat baik, dalam rangka kita menyelamatkan uang negara. Selain itu, kita ingin mendukung ketahanan energi yang kuat, energi yang ramah lingkungan dan tentu ekonomi kita juga akan lebih baik ke depannya,” ujar Naslindo.

Menurutnya, sosialisasi implementasi Subsidi Tepat perlu dilakukan secara masif baik dengan menggunakan media sosial dan pertemuan dengan stakeholder di kabupaten, kota, kelurahan dan desa. Ia mengimbau masyarakat untuk dapat mendaftarkan kendaraannya terkait dengan dilaksanakannya perluasan implementasi secara menyeluruh (full cycle) Program Subsidi Tepat di Sumut.

Untuk sementara Pertamina belum menjelaskan batas kendaraan tertentu yang layak mendapat BBM bersubsidi. Saat ini kegiatan masih dalam tahap sosialisasi agar pemakaian subsidi tepat sasaran. (*)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan