Kajianberita.com
Beranda Headline Sambut F1 Powerboat, Pesawat AirAsia Tampil dengan Corak Khas Danau Toba

Sambut F1 Powerboat, Pesawat AirAsia Tampil dengan Corak Khas Danau Toba

Salah satu pesawat Airasia yang telah dicat dengan motif budaya Toba. AirAsia berkolaborasi dengan Toba tenun meluncurkan livery bertajuk “Lake Toba & Beyond untuk mensukseskan F1 Powerboat di Toba

Medan –  AirAsia Indonesia meluncurkan livery atau corak khas Danau Toba, disertai bunga kecombrang sebagai tumbuhan endemik di Sumatera Utara, dan empat perempuan penenun di badan pesawatnya. Peluncuran desain baru ini merupakan bagian dari upaya AirAsia Indonesia dalam mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata.

Selain itu, untuk mendukung rencana pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif di sekitar daerah Toba-Samosir yang bertepatan dengan Danau Toba sebagai tuan rumah dari ajang balap speed boat Formula One Powerboat World Championship (F1 H20).

“Hari ini hari yang sangat spesial khususnya untuk saya pribadi dan Indonesia AirAsia di mana hari ini kita mewujudkan salah satu mimpi dan juga upaya kita untuk berkontribusi mendorong recovery dari destinasi-destinasi di Indonesia terutama Danau Toba yang merupakan salah satu dari 5 destinasi super prioritas di Indonesia,” kata Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga dalam konferensi pers di Hanggar 4 GMF AeroAsia Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (17/2).

Ia juga menjelaskan, langkah ini merupakan hasil kerja sama AirAsia Indonesia dengan InJourney, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), dan PT Toba Tenun Sejahtera (Tobatenun) yang merupakan ekosistem secara keseluruhan pariwisata Indonesia.

Lebih lanjut, Vera mengatakan pesawat bercorak Danau Toba ini usai perhelatan F1 Powerboat akan terbang ke seluruh Indonesia hingga ke luar negeri. Ini dilakukan sebagai upaya mempromosikan Danau Toba hingga mancanegara.

“Dalam mendukung event F1 Powerboat besok akan terbang ke Silangit. Setelah itu akan berputar ke seluruh Indonesia hingga ke luar negeri,” tandasnya.

Mengutip laman resmi Kemenparekraf, F1 Powerboat merupakan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1), yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan disponsori H20.

Ajang balap perahu super cepat kelas dunia ini akan diselenggarakan pada 24-26 Februari 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara. Dipercaya menjadi tuan rumah sport tourism bergengsi dan berskala internasional, tentu menjadi kesempatan baik bagi Indonesia, khususnya Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP).

F1 Powerboat Lake Toba diikuti belasan pembalap dari beberapa negara di dunia. Di antaranya Inggris, Ukraina, Arab Saudi, Cina, Portugas, Brazil, Perancis, Korea Selatan, dan Qatar.

Ajang ini akan menjadi daya tarik cukup unik bagi wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba. Pasalnya, para wisatawan yang hadir akan menyaksikan langsung penampilan pembalap yang mengendarai kapal dengan kecepatan lebih dari 220 km/jam tersebut.

Ditambah lagi, perlintasan atau sirkuit dari seri F1 Powerboat Lake Toba disebut sebagai lintasan terunik sepanjang gelaran balap ini diselenggarakan di dunia. Pasalnya, lintasan sepanjang 2,2 km ini terbentuk karena geografis Danau Toba sebagai danau vulkanik.

Sebagai event tahunan yang rutin diselenggarakan secara berkala, ditargetkan ajang F1 Powerboat Lake Toba bisa mendatangkan 25.000 wisatawan baik lokal maupun mancanegara. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan