Kajianberita.com
Beranda Lifestyle Jaga Pencernaan Agar Tetap Sehat, Lakukan 5 Aktivitas ini di Pagi Hari

Jaga Pencernaan Agar Tetap Sehat, Lakukan 5 Aktivitas ini di Pagi Hari

ilustrasi/unsplash

MEDAN – Ada aktivitas pagi yang dapat melancarkan pencernaan. Sebab, kondisi kesehatan pencernaan secara keseluruhan sangat ditentukan dari apa yang mulai kita lakukan di pagi hari.

Apalagi jika pencernaan bermasalah di pagi hari, membuat ketidaknyamanan terhadap tubuh.

Selain itu, pada dasarnya pencernaan kita bekerja secara keras setiap hari baik untuk mencerna makanan, membantu fungsi sistem kekebalan tubuh, menjaga mood, serta lain sebagainya.

Mengutip Livestrong, Pakar gastroenterologis dari Lenox Hill Hospital, dr Aditya Sreenivasan, MD, mengatakan menerapkan kebiasaan dan perilaku sehat pertama kali di pagi hari, bisa menjadi dasar bagi seharian dan berujung pada lebih banyak kebiasaan sehat sepanjang hari sehingga pencernaan bisa lebih sehat.

Aktivitas pagi dapat membantu menjaga kesehatan usus dan pencernaan yang berdampak positif bagi bila diterapkan. mau tau, berikut tips yang bisa Anda lakukan :

1. Minum Segelas Air

Minum air putih di pagi hari Air merupakan cara yang baik untuk memenuhi kebutuhan asupan air harian. Jangan terlebih dahulu minum kopi atau teh di pagi hari.

“Mulailah harimu dengan segelas air putih. Kekurangan air putih bisa berujung sejumlah masalah seperti kembung, pencernaan tak lancar, sembelit, serta makan berlebih. Air putih yang DIkonsumsi pagi baik dalam kondisi dingin atau hangat,” kata dr. Sreenivasan, yang dikutip dari Merdekacom.

2. Makan di Waktu yang Sama Setiap Hari

Lebih lanjut, dr Sreenivasan mengatakan sarapan dalam jumlah besar bisa membantu mengisi tenagamu sepanjang hari. Makan pada waktu atau jam yang sama setiap hari juga bisa sangat membantu dalam memberi manfaat sehat.

3. Sarapan Makanan Tinggi Serat
Pada saat sedang sarapan, usahakan pilih makanan yang sehat dengan banyak kandungan serat. Menambahi asupan serat bisa meningkatkan kesehatan mikrobioma setidaknya selama dua minggu. Seperti, kombinasi biji-bijian, protein, buah, dan sayur.

4. Berjalan
Berjalan bisa memberi banyak manfaat kesehatan yang dibutuhkan oleh tubuh. Berjalan bisa meningkatkan kesehatan jantung, menjaga berat badan, mencerahkan mood, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Segera Buang Air Besar saat Merasa Perlu

Kemudian, buang air besar pada jam yang sama setiap hari bisa membuat pencernaan memiliki jam biologis alami pada tubuh. Sebaiknya kamu juga tidak terlalu terpaku pada jam dan segera buang air besar bila merasa kebelet.

“Sebaliknya, jangan juga mencoba buang air besar pada jam yang sama ketika tidak kebelet,” ungkapnya. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan