Kajianberita.com
Beranda Headline Pelaku Begal Pasutri Ditampakkan ke Publik, Tunjukkan Wajah Memelas

Pelaku Begal Pasutri Ditampakkan ke Publik, Tunjukkan Wajah Memelas

Tiga pelaku begal pasangan suami istri saat ditunjukkan ke publik oleh Poltabes Medan, Minggu (19/2/2023)

Medan –  Para begal biasanya tampak sangat garang ketika menyerang  korbannya. Bermodal senjata pisau, mereka mengancam warga untuk menyerahkan harta bendanya. Namun saat mereka ditangkap, wajah garang itu berubah menjadi memelas minta ampun.

Wajah-wajah memelas itu ditampakknya oleh tiga pelaku begal suami istri di Jalan Kakap Medan Area yang akhirnya berhasil ditangkap Satreskrim Polrestabes Medan di Riau, Sabtu (18/2/2023). Ketiga pelaku itu adalah Saleh Lubis, Khairul Adi alias Abot dan Handoko.

Dari tiga orang itu, Saleh Lubis merupakan salah satu eksekutor (mengenakan baju putih saat beraksi) yang berperan mengacungkan senjata taham ke korban.

“Satu pelaku ditangkap di wilayah Tembung dan dua lainnya ditangkap di Siak, Riau saat melarikan diri,” ujar Penjabat sementara (Ps) Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa, Minggu (19/2/23).

Fathir mengatakan, berdasarkan pengakuan para tersangka, komplotan ini sudah beraksi sebanyak sembilan kali dengan cara serupa, yakni membawa senjata tajam (sajam) untuk merebut sepeda motor korban.

Selama beraksi mereka berbagi tugas. Ada sebagai eksekutor, ada yang memantau situasi sekitar, dan penghubung ke penadah.

“Dua pelaku lain yang terlibat dalam pembegalan ini masih kita buru,” pungkasnya.

Hasil pemeriksaan polisi menyebutkan, kawanan ini merampas sepeda motor pasutri, Minggu (5/2/23) sekitar pukul 06.00 WIB. Pembegalan itu terekam kamera CCTV dan sempat viral di media sosial (medsos).

Ketiga pelaku saat melakukan aksinya di jalan Kakap Medan. Aksi mereka terekam CCTV

Kejadian berawal saat tiga pria menaiki satu sepeda motor menghampiri korban yang terlihat hendak pergi, namun seperti masih ada yang ditunggu.

Korban yang merupakan pasangan pria dan wanita dewasa berada di depan sebuah rumah. Kala itu wanita belum naik ke motor, sedangkan pria sudah di kendaraannya dan hendak mengenakan helm.

Beberapa saat kemudian, mereka dihampiri tiga pelaku. Begitu berhenti, pria pengemudi motor dan yang di boncengan paling belakang langsung menarik kendaraan korban sambil mengancam menggunakan senjata tajam mirip clurit.

Setelah menguasai motor korban, pelaku langsung kabur, meski sempat dikejar namun tidak berhasil ditangkap. Namun akhirnya pelarian mereka terhenti setelah polisi berhasil menangkap mereka di Riau.  (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan