Kajianberita.com
Beranda Sumut Baru 46 Persen KK di Sumut Miliki Rumah, Edy : Kebutuhan Papan Besar

Baru 46 Persen KK di Sumut Miliki Rumah, Edy : Kebutuhan Papan Besar

Gubernur Edy Rahmayadi saat diwawancarai usai menghadiri pengukuhan Apersi Sumut, di Medan, Senin (20/2/2023). (kajianberita/istimewa)

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, mengatakan dari 9,6 juta kepala keluarga (KK) di Sumatera Utara, namun baru 46 % yang memiliki rumah.

“Kebutuhan rumah ini begitu besar. Mungkin ada yang telah memiliki rumah tetapi bukan rumah sehat (belum layak),” kata Edy Rahmayadi saat menghadiri Pengukuhan pengurus DPD Apersi masa bakti 2023-2027, di Hotel Santika Dyandra Medan, Senin (20/2/2023)

Edy berharap Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Sumut, bisa membenahi dan memenuhi kebutuhan rakyat yakni menghadirkan rumah sehat.

Selain itu, Edy menegaskan, ke depan asosia ini bisa menjalin komunikasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk berdiskusi. “Nanti akan kita bentuk diskusi mengenai rumah subsidi ini,” ujar Edy.

Pemerintah Provinsi Sumut, lanjutnya, akan turun dan memfasilitasi dalam hal lokasi yang di daerah. “Tentunya harus di buka infrastrukturnya itulah guna kehadiran pemerintah,” ucapnya

“Karena kita berharap tercapainya kebutuhan pokok papan untuk rakyat kita. Saya selaku pemerintah akan memfasilitasinya, misalnya terkait tanah, fasilitas sosial dan fasilitas umum seperti infrastruktur,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua APERSI Sumut, Yulius, mengatakan pada 2023 pihaknya akan membangun perumahan subsidi sebanyak 5.000 unit yang tersebar di Kabupaten Langkat dan Tapsel.

“Tahun ini kita targetkan sebanyak 5.000 unit untuk rumah subsidi. Kalau tahun lalu yakni 2022 masih sedikit sekitar 3.000 unit khusus subsidi, ada 2.600 unit dan memang rumah ini terserap semuanya alias telah ditempati,” jelasnya.

Dia juga berharap, di tahun ini semakin meningkat apalagi perizinan yang telag normal dan normatif. “Jadi kita harapkan ini meningkat. Karena teman-teman APERSI sudah ready untuk membangun,” pungkasnya. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

google.com, pub-4618385670255637, DIRECT, f08c47fec0942fa0