Kajianberita.com
Beranda Headline Sebanyak 70 Dokter Spesialis dan 2 Heli Disiagakan untuk F1 Powerboat di Toba

Sebanyak 70 Dokter Spesialis dan 2 Heli Disiagakan untuk F1 Powerboat di Toba

Kapolda Sumut, Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak mengecek kesiapan tim medis di lokasi pelaksanaan F1H2O

Toba – Pemerintah tidak mau setengah-tengah dalam mensukseskan pelaksanaan formula 1 World Powerboat Chamionship yang berlansung di Danau Toba. Semua kebutuhan untuk kegiatan itu telah disiagakan, baik itu penanganan lalu lintas, fasilitas untuk penonton dan juga tim Kesehatan.

Untuk penanganan Kesehatan darurat,  Pemerintah dan panitia telah menyiapkan  Lokasi Trauma Center yang ditangani sebanyak 70 tim dokter spesialis gabungan dari Kemenkes RI dan RSUP H Adam Malik. Tim ini akan disiagakan  untuk membantu penanganan medis selama kegiatan F1 Powerboat, baik itu kepada peserta maupun kepada penonton dan panitia.

Untuk memastikan kesiapan lokasi Trauma Center itu Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak melakukan pengecekan bersama pihak Injourney selaku panitia F1 Powerboat.

Keberadaan Trauma Center F1 Powerboat terbagi dua yakni, Track Medical Service (di bawah kendali MCO) dan Public Medical Service di bawah kendali Dinkes Toba dan Biddokkes Polda Sumut).

Juga disiapkan tempat Instalasi Gawat Darurat (IGD) emergensi, mobil operasi lapangan, tiga unit ambulance dan dua helikopter yang disiagakan untuk membantu penanganan medis.

“Tujuan adanya lokasi Trauma Center apabila terjadi kecelakaan terhadap atlet F1 Powerboat saat menjalani pertandingan bisa secara cepat diberikan pertolongan,” ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Senin (20/2).

Ia mengungkapkan, terhadap atlet jika mengalamai kecelakaan di air langsung dibantu oleh Tim UIM lalu dibawa ke lokasi evakuasi dan diterima Tim Medis Trauma Center di bawah kendali dr Steven Antonis dilakukan penilaian awal.

“Bila atlet itu memerlukan penanganan lebih lanjut akan di rujuk menggunakan helikopter evakuasi yang standby di Kantor Bupati Toba ke RSUP H Adam Malik untuk dilakukan penanganan lanjutan,” ungkap Kapoldasu Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak, Senin (20/2/2023).

“Hasil pengecekan yang dilakukan bersama Injourney lokasi Trauma Center sudah siap memberikan bantuan penanganan medis apabila ada atlet F1 Powerboat yang cidera,” sambungnnya. Dan, pukul 16.00 WIB, pihaknya bakal sampaikan soal rekayasa lalu lintas.

Sejauh ini pantia pelaksanaan mengatakatan persiapan sudah cukup matang, sehingga mereka yakin, saat berlangsungnya event itu, tidak ada lagi kendala yang didapatkan. Presiden Joko Widodo direncanakan akan membuka kejuaraan itu pada 24 Februari mendatang. Sedangkan penutupan berlangsung dua hari kemudian. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan