Kajianberita.com
Beranda Sumut RSUP HAM Siapkan Penanganan Medis untuk F1H20 Danau Toba

RSUP HAM Siapkan Penanganan Medis untuk F1H20 Danau Toba

Ajang F1H20 Danau Toba (kajianberita/IG f1h20.toba)

MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) siap ikut menyukseskan penyelenggaraan ajang internasional F1 Powerboat atau F1H20 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, pada 24-26 Februari 2023.

Rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI ini dipercaya untuk membantu penanganan medis selama kegiatan F1 Powerboat pertama di Indonesia itu.

“RSUP HAM bertugas untuk memberikan dukungan medis bersama tim gabungan dari Kemenkes RI selama pelaksanaan F1 Powerboat di Danau Toba nanti,” kata Sub Koordinator Hukum, Organisasi dan Humas RSUP HAM, Rosario Dorothy Simanjuntak, Selasa (21/2/2023).

“Kami sudah menyiapkan tim, baik yang bertugas langsung di lokasi kegiatan maupun yang akan memberikan pelayanan rujukan di rumah sakit,” sambungnya.

Tim Kesehatan RSUP HAM dalam ajang F1 Powerboat di Danau Toba ini diketuai oleh Dr dr Kamal Basri Siregar MKed(Surg) SpB(K)Onk FICS.

Tim kesehatan tersebut terbagi atas Tim Trauma Center dan Tim ICU VVIP yang bertugas di lokasi kegiatan, serta Tim Penerima Rujukan di RSUP HAM.

Tim ini terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, perawat, petugas farmasi, radiografer, teknisi alat medis, dan staf pendukung.

Manajemen RSUP HAM sendiri menugaskan dokter ahli yang terdiri atas 8 (delapan) spesialisasi. Yaitu, dokter spesialis anastesi, spesialis bedah umum, spesialis ortopedi, spesialis bedah syaraf, spesialis bedah thoraks dan kardivaskular, spesialis penyakit dalam, spesialis jantung dan pembuluh darah, serta spesialis radiologi.

Selain mengirim petugas medis, rumah sakit Tipe A ini juga memberangkatkan ambulans khusus untuk pelayanan medis bagi tamu VVIP, termasuk Presiden RI dan keluarga selama acara berlangsung.

Ambulans VVIP ini sendiri dilengkapi dengan instalasi mini ICU (Intensive Care Unit) yang dioperasikan oleh dokter spesialis dan perawat ahli.

Sebelumnya, diketahui bahwa panitia daerah F1 Powerboat Danau Toba sudah menyiapkan lokasi Trauma Center yang diisi sebanyak 70 tim dokter spesialis gabungan dari Kemenkes RI dan RSUP HAM.

Selain itu, juga telah disiagakan lokasi Instalasi Gawat Darurat (IGD), mobil operasi lapangan, ambulans, dan helikopter untuk membantu penanganan medis.

Jika ada atlet peserta F1 Powerboat Danau Toba yang mengalami kecelakaan, maka akan langsung dilakukan evakuasi ke lokasi Trauma Center.

Kemudian, apabila diperlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk menggunakan helikopter ke RSUP HAM di Medan. Selanjutnya, Tim Penerima Rujukan RSUP HAM akan memberikan pelayanan lanjutan untuk penanganan medis pasien tersebut. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan