Kajianberita.com
Beranda Headline Jejak Sofyan, Ketua Alumni SMAN 3 Medan yang Mendadak Ikut Munas dan Kini Jajaki Konsolidasi

Jejak Sofyan, Ketua Alumni SMAN 3 Medan yang Mendadak Ikut Munas dan Kini Jajaki Konsolidasi

Ketua Alumni SMAN 3 Medan periode 2023-2027, Muhammad Sofyan. (Kajianberita/Dok)

MUHAMMAD Sofyan baru saja terpilih sebagai ketua Alumni SMAN (Ilusman) 3 Medan untuk masa bakti 2023-2027.

Sofyan sapaan akrabnya itu terpilih secara demokratis dalam musyawarah nasional (Munas) yang berlangsung di Hotel Emerald Garden, Sabtu (18/2/2023) lalu.

Namanya yang sempat tak masuk dalam nominasi sehari sebelum Munas justru secara mengejutkan meraih kemenangan dari pesaingnya AKBP Akhiruddin Hasibuan, alumni Angkatan 1990 yang merupakan perwira menengah di Polda Sumut.

Kala itu Sofyan meraih 35 suara, sementara Akhiruddin mendapatkan 3 suara. Perjalanan yang memang tak diduga oleh Sofyan sebelumnya.

Sofyanpun coba mengisahkan awal perjalanan mengapa sosoknya tiba-tiba hadir di penghujung untuk ikut bersaing meraih jabatan ketua alumni.

Sofyan yang menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Medan yang juga alumni angkatan tahun 1989 itu menjelaskan latarbelakang dirinya maju sebagai calon ketua umum Ilusman.

Itu tak lain hadirnya atensi dari sejumlah rekan alumni yang mendorongnya untuk maju.

“Saat itu saya sempat menolak. Karena saya fikir saya belum layak. Selain masih belia, saya juga merasa masih banyak senior yang lebih pantas. Ditambah lagi saya juga punya kesibukan, dikhawatirkan akan berdampak dengan kinerja saya sebagai ketua alumni. Apakah saya nanti mampu berbuat lebih baik ke depannya?” ujar Sofyan kepada Kajianberita, Kamis (23/2/2023) pagi.

BACA JUGA : Bertemu Akhyar Nasution di Acara Reuni SMAN 3, Bobby Tak Ingin ada Sebutan Mantan

Namun, sambung Sofyan, atensi dan dorongan semakin menguat hingga dirinya tak bisa lagi menolak dan memutuskan untuk maju dan akhirnya terpilih sebagai Ketua Alumni SMAN3 Medan.

Kini tampuk kepemimpinan berada di genggamannya. Banyak hal yang telah dipersiapkan di dalam benaknya untuk memajukan organisasi Ilusman 3 Medan.

“Ilusman ini kan organisasi-nya para alumni. Banyak kegiatan yang tertinggal dan telah direncanakan namun gagal digelar pada periode ketua sebelumnya akibat Covid 19,” ujarnya.

Pada saat itu tentu saja bilang Sofyan sedikit banyaknya berpengaruh terhadap jalannya roda organisasi.

Sehingga dirinya akan melakukan langkah konsolidasi terlebih dahulu sebelum menentukan format kepengurusan dan menggelar pelantikan pengurus.

“Setelah itu berjalan maka ada program jangka pendek dan jangka panjang yakni empat tahun ke depan sesuai periode kpemimpinan saya nantinya. Karena sesuai visi dan misi saya, tentu dalam benak saya adalah bisa memajukan Alumni SMAN 3 Medan,” ucapnya penuh harap.

Mimpi Sofyan menjadikan Ilusman 3 Medan lebih berkembang lagi ke depannya akan diawali dengan membangun kekompakan, kebersamaan hingga menjadi organiasi yang solid.

“Ini yang penting. Karena banyak profesi, latar belakang usia yang tergabung dalam 40 angkatan. Tentu ini yang akan kita akomodir,” tuturnya.

Halaman: 1 2
Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan