Kajianberita.com
Beranda Sumut Keren, Akan Ada Balap Perahu Nelayan di Danau Toba

Keren, Akan Ada Balap Perahu Nelayan di Danau Toba

Lomba Solu One Tasco Hutaraja Grand Prix digelar pada 25-26 Februari 2023. (Dokumentasi Kepala Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan Samosir Raja Sondang Simarmata)

MEDAN – Kejuaraan dunia perahu motor F1 Powerboat sudah dinanti-nanti oleh masyarakat pada 24-26 Februari 2023 mendatang di kawasan Danau Toba, Kota Balige, Sumatera Utara (Sumut).

Namun, tak hanya ajang dunia itu saja yang diperlombakan, akan ada perlombaan perahu di kawasan Danau Toba tepatnya di Desa Lumban Suhi-suhi Hutaraja di Kabupaten Samosir yang diikuti oleh nelayan lokal.

“Ini merupakan perlombaan perahu tradisional non mesin maupun menggunakan mesin. Dengan mengusung nama lomba Solu One Tasco Hutaraja Grand Prix yang digelar pada 25-26 Februari 2023,” kata Kepala Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan Samosir Raja Sondang Simarmata, melalui keterangan tertulisnya, Kamis (23/2/2023).

Dia menuturkan, perlombaan itu sebagai rantai kegiatan desa tahun lalu yang mengadakan lomba bagi para nelayan. Balap perahu tradisional ini pun diinisiasinya bersama Capcapung.

Bahkan, perlombaan itu sebagai wujud kepedulian terhadap nelayan yang telah menjadikan Danau Toba sebagai tempat mencukupi kebutuhan hidup. Perlombaan itu juga bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri para nelayan serta berlangsungnya regenerasi.

BACA JUGA : Shaun Torrente Memburu Gelar Juara Dunia Keempat di Danau Toba

“Keberadaan nelayan juga harus diperhatikan. Untuk hadiah perlombaan ini ada mesin perahu bagi para pemenang,” jelasnya.

Dia mengakui, Desa Limban Suhi-suhi Toruan merupakan desa wisata tentu harus menghidupkan setiap pekerjaan yang dijalani masyarakat. Tak hanya itu, ia pun berkeinginan menjadikan lomba nelayan ini sebagai tontonan yang layak bagi wisatawan.

Lebih lanjut, Pukka Simbolon yang merupakan pemilik Capcapung serta perwakilan PT Tasco berharap perlombaan serupa dapat digelar setiap tahunnya. Bahkan, bila memungkinkan, dua kali dalam setahun.

BACA JUGA : Sambut F1 Powerboat, Pesawat AirAsia Tampil dengan Corak Khas Danau Toba

“Semoga Solu One Tasco Grand Prix ini dapat menjadi event di tingkat Kabupaten atau bahkan Provinsi. Namun Hal ini tidak akan bisa dilaksanakan tanpa dukungan dari banyak pihak, baik itu dukungan secara materil atau non materil,” katanya.

Perlombaan Solu One Tasco Hutaraja ini akan berlangsung pada tanggal 25-26 Februari 2023 di Pantai Hita do Hita Hutaraja. Selain lomba balap nelayan ada juga Camping Ground, pertunjukan musik serta lainnya. (*)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan