Kajianberita.com
Beranda Headline Shaun Torrente Memburu Gelar Juara Dunia Keempat di Danau Toba

Shaun Torrente Memburu Gelar Juara Dunia Keempat di Danau Toba

Sharun Torrente, juara dunia tiga kali F1 Powerboat berusaha merebut posisi terbaik di Danau Toba

Toba —  Persaingan merebut juara balap perahu cepat (powerboat) seri dunia atau F1H2O di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023 diprediksi berlangsung ketat karena akan diikuti oleh sejumlah pembalap handal.

Salah satu pembalap F1 powerboat yang bakal tampil di seri pembuka musim 2023 ini adalah juara dunia tiga kali F1H2O, yakni Shaun Torrente sebagaimana  dilansir Kajianberita.com dari website resmi F1H2O.com, Kamis (23/2/2023).

Shaun Torrente yang akan memerkuat tim Abu Dhabi, memulai karier di dunia balap air sejak usia 15 tahun. Pembalap asal Amerika Serikat kelahiran 13 Agustus 1978 ini pernah menjadi juara dunia SST-120 (F2) dua kali pada tahun 2002 dan 2003.

Setelah sukses meraih prestasi terbaik di F2 powerboat, Shaun tahun 2007 memulai debutnya di F1H2O.

Shaun Torrente membuat debut pertamanya di ajang F1H2O pada tahun 2007, namun baru mendapatkan kesempatan membalap satu musim penuh pertamanya pada tahun 2011, setelah bergabung dengan Tim Qatar.

Shaun Torrente yang akan menjajal Danau Toba di seri perdana F1 Powerboat 2023, dikenal memiliki performa paling dinamis serta konsisten.

Dari 52 start, Shaun Torrente menang sembilan kali, naik podium 14 kali, serta lolos kualifikasi di posisi terdepan sebanyak sembilan kali.

Setelah tiga periode bersama Qatar, dia bergabung dengan Victory Team di Grand Prix Prancis pada tahun 2015, kemudian pindah ke Tim Abu Dhabi pada akhir tahun 2017.

Pada tahun 2018, Shaun Torrente berhasil memenuhi ambisinya untuk memenangkan gelar juara F1H20 serta mempertahankan supremasi juara tersebut tahun 2019 dan kembali menjadi juara dunia F1H2O tahun 2022 di Abu Dhabi.

Selain Shaun Torrente, F1 Powerboat di Danau Toba juga akan diikuti Tim Strømøy Racing F1H2O yang diperkuat dua pembalap Norwegia, masing-masing Marit Strømøy dan Pole Bartek Marszalek. Sedangkan, Tim Atlantik F1 menurunkan veteran Portugis Duarte Benavente dan pendatang baru Inggris Ben Jelf.

Dari Tim Sharjah ada Sami Selio dan Ferdinand Zandbergen. Sementara itu, Tim Gillman Racing akan menurunkan pembalap asal Finandia Alec Wecstrom dan Filip Rom.

Peserta lainnya, yakni Cédric Deguisne dan Alexandre Bourgeot asal Prancis akan memperkuat Tim Maverick Racing.

Tim Italia Comparato F1 akan mengandalkan Alberto Comparato dan Paulo Longhi.

Satu hal yang tidak kalah serunya, veteran F1 Poweboat Erik Stark dari Swedia direncanakan akan kembali tampil dan bergabung dengan Ahmed Al-Fahim di Tim Victory dari Uni Emirat Arab (UEA).

Sementara Maverick Racing melanjutkan dengan duo Prancis Cédric Deguisne dan Alexandre Bourgeot . Jonas Andersson dan Kalle Viippo melanjutkan kerja sama di Tim Swedia

F1 Powerboat yang akan dihelat di Danau Toba, persisnya di sekitar kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba direncanakan diikuti tim F1H2O dari belasan negara.

Panitia sudah menyiapkan sejumlah titik untuk pengunjung maupun wisatawan yang ingin menonton. Pengamanan untuk seluruh kegiatan juga telah direncanakan dengan baik, sehingga diharapkan event ini akan membuat puas para peserta dan juga pengunjung. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan