Kajianberita.com
Beranda Ekonomi Tinjau TSTH2 Bersama Menko Marves, Edy Rahmayadi Optimis Pertanian Sumut Akan Berkembang

Tinjau TSTH2 Bersama Menko Marves, Edy Rahmayadi Optimis Pertanian Sumut Akan Berkembang

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mendampingi Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan meninjau lokasi Taman Sains dan Teknologi Herbal dan Holtikultura (TSTH2) yang berada di Desa Aek Nauli 1, Kecamatan Paling, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kamis (23/2/2023). (Foto Diskominfo Provinsi Sumut : Veri Ardian).

HUMBAHAS – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi, optimis pertanian Sumut akan berkembang dengan adanya Taman Sains, Teknologi Herbal dan Holtikultura (TSTH2) di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Sumut yang saat ini fokus pada sektor pertanian akan terbantu dengan adanya TSTH2. Sebab, TSTH2 yang ada sedang dalam pembangunan tahap I.

Pada tahap ini akan fasilitas yang dibangun antara lain Gedung Riset Herbal, Gedung Riset Pertanian dan Screen & Greenhouse.

BACA JUGA : Baru 46 Persen KK di Sumut Miliki Rumah, Edy : Kebutuhan Papan Besar

Fasilitas ini menurut Edy Rahmayadi akan berpengaruh besar pada perkembangan pertanian.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan memberikan dukungan penuh pada pengembangan TSTH2.

“Ini akan sangat membantu perkembangan pertanian kita terutama dalam hal riset dan sistem pertanian, kita tentu akan berikan dukungan penuh,” kata Edy Rahmayadi usai meninjau TSTH2 bersama Menteri Koordinator Maritime Dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, di Desa Aek Nauli 1, Humbahas, Kamis (23/2/2023)

Edy Rahmayadi berharap petani-petani di Sumut memberikan dukungan terhadap pembangunan TSTH2 termasuk mengintegerasikan teknologi dan pertanian tradisional.

“Dengan begitu, petani-petani Sumut akan lebih maju dalam mengelola pertaniannya,” ujar Edy

“Teknologi akan sangat membantu pertanian melalui rekayasa genetika tanaman, bio teknologi dan lainnya,” lanjutnya.

Menteri Koordinator Maritime Dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, menuturkan selain kelengkapan alat dan fasilitas, SDM juga hal yang tidak kalah penting.

Oleh karena itu, butuh ahli-ahli yang memang menguasasi teknologi pertanian.

“Kita sekolahkan anak-anak kita yang memang benar-benar berprestasi ke negara yang maju dalam bidang pertanian seperti Cina, sehingga hasilnya seperti yang kita harapkan,” ungkap Luhut.

BACA JUGA : Dampingi Wapres Berselawat, Gubernur Edy Rahmayadi : Saya Rindukan Beliau Berikan Tausiah

Pemerintah menurut Luhut, akan terus mendorong sektor pertanian. Salah satu caranya adalah dengan transformasi tradisional ke mekanis.

“Kita harus transformasi dari tradisional ke mekanis untuk memajukan pertanian kita,” ujarnya.

Turut hadir dalam peninjauan TSTH2 Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dan Pangdam I/BB Achmad Daniel Chardin. Hadir juga Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor dan jajaran Menko Marves serta OPD terkait Pemprov Sumut. (*)

 

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan