Kajianberita.com
Beranda Nasional Tim Medis Jamin Kesehatan Pebalap F1H20 Toba 2023

Tim Medis Jamin Kesehatan Pebalap F1H20 Toba 2023

Ruang trauma center siaga dalam pagelaran F1 Powerboat di Balige, Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). (Kajianberita/istimewa)

TOBA – Tim medis dan Ruangan Trauma Center disiagakan untuk membantu penanganan medis selama gelaran F1H20  berlangsung pada 24-26 Februari 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara.

Kepala Medis F1H20 Toba 2023, dr. Steven Anthonis menyatakan, tim trauma center akan bertanggung jawab penuh untuk menstabilisasi pasien yang benar-benar harus dilakukan evakuasi.

“Untuk peralatan atau equipment yang ada bisa lakukan semua resusitasi, jadi life saving,” katanya melalui pernyataan resminya, Jumat (24/2/2023).

Adapun mekanisme evakuasi yang dilakukan, baik pembalap, kru atau official yang menjadi korban, akan diserahkan dan ditangani oleh tim trauma center yang ada di dermaga.

Kemudian, tim akan membawa korban ke ruangan trauma center yang berisi 60 tenaga medis, di antaranya dokter umum dan spesialis.

Beberapa peralatan yang ada di Ruang Trauma Center yang beroperasi sejak 20 hingga 27 Februari 2023 tersebut, di antaranya adalah ranjang pasien, monitor, x-ray, alat pacu jantung, alat rontgen, alat USG dan sejumlah fasilitas penunjang lainnya.

BACA JUGA : Warga Buka Tempat Nonton F1H2O Secara Swadaya, Per Bangku Dipatok Rp50 Ribu

Selain itu, satu unit bis operasi juga disediakan untuk setiap saat jika dibutuhkan melakukan tindakan, termasuk di dalamnya dokter bedah plastik, bedah umum, dan bedah saraf.

“Di ruang itu, kita bisa lakukan operasi. Jika (pasien) sudah stabil setelah dioperasi dan perlu dirujuk ke rumah sakit, mobil ambulans akan membawa pasien ke helikopter dan dirujuk ke Rumah Sakit H. Adam Malik,” terang Steven.

Lebih lanjut, Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Polda Sumut), diwakili Direktur Polairud Polda Sumut, Kombes Pol. Toni Hariadi, juga telah menyiagakan dua unit helikopter jenis AW 169 bersama dengan personel di sekitar venue penonton, untuk evakuasi medis dan pengawasan selama perhelatan F1 Powerboat Lake Toba 2023.

Satu helikopter disiagakan untuk evakuasi medis ke Rumah Sakit Adam Malik jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sedangkan untuk satu helikopter lainya untuk melakukan pengawasan dan monitor situasi keamanan di perairan dan udara. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan