Kajianberita.com
Beranda Headline Antusias Nonton F1 Powerboat, Para Wisatawan Sewa Rumah Warga, Omset UMKM Melesat

Antusias Nonton F1 Powerboat, Para Wisatawan Sewa Rumah Warga, Omset UMKM Melesat

Balige – Angin kencang memang telah membatalkan rencana babak kualifikasi F1 Powerboat World Championship yang seharusnya berlangsung Sabtu sore (24/2/2023) tadi. Meski demikian, sampai malam ini arus masuk wisatawan ke Danau Toba terus bertambah, sehingga tidak ada penginapan yagn kosong.

Para tamu banyak menginap di rumah-rumah warga yang disewakan. Sistem penginapan itu rumah itu dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Toba, sehingga para tamu yang membutuhkan kamar tidak sulit untuk mendapatkanya. Situasi itu tentu saja membawa berkah bagi warga Toba.

Adalah Ari Hutajulu, pemilik rumah di Jalan Patuan Nagori, Balige, salah satu yang merasakan dampak itu. Ia mengaku balapan internasional yang baru pertama kali digelar di Danau Toba itu sangat membawa pengaruh positif bagi dirinya dan masyarakat sekitar, karena banyaknya wisatawan yang datang.

Selama berlangsungnya F1 Powerboat, 10 unit kamar di rumahnya dan rumah tetangganya penuh dipesan. Rata-rata pemesan adalah wisatawan dari Kota Medan selain untuk berwisata ke Danau Toba, juga untuk menyaksikan F1 Powerboat.

“Cukup banyak wisatawan yang memesan kamar selama tiga hingga empat hari. Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah menggelar acara internasional ini di Balige, karena kami merasakan dampak positifnya,” ujarnya, dikutip Antara.

Hal serupa juga dirasakan oleh Cory Napitupulu, penjual nasi di Balige, yang mengaku sangat merasakan dampak positif dari digelarnya F1 Powerboat. Banyak wisatawan yang membeli makanan di warung nasinya, seperti nasi goreng, mi goreng, dan lainnya.

Dalam dua hari ini, penjualan makanannya meningkat dengan adanya wisatawan dari luar daerah yang datang untuk menonton balapan tersebut.

Kepala Dinas Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus, menyatakan bahwa F1 Powerboat Lake Toba 2023 akan memberikan multiplier effect bagi Toba, seperti peningkatan pendapatan daerah, peningkatan hunian hotel, dan peningkatan omzet bisnis penyewaan kendaraan.

“Banyak manfaat yang dirasakan masyarakat sekitar. Namun, tentunya yang perlu diperhatikan adalah bagaimana agar layanan yang diberikan kepada wisatawan dapat terus ditingkatkan,” tuturnya.

Diharapkan dengan digelarnya F1 Powerboat Lake Toba di Sumatera Utara, akan semakin meningkatkan perekonomian daerah serta membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Puncak pagelaran F1 Powerboat akan berlangsung hari Minggu (26/2/2023) ini. Dimulai pagi hari pukul 08.00 akan dilaksanakan kualifikasi yang diikuti 20 peserta untuk menentukan pole position.  Selanjutnya pada pukul 15.00 wib akan dilangsungnya babak final.

Presiden Jokowi akan tiba minggu siang untuk menyaksikan langsung event itu. Ia akan terbang dari Jakarta langsung ke bandara Silangit, Siborong-Borong Tapanuli Utara. Sore sekitar pukul 06.30 Wib Presiden akan kembali ke Jakarta, tanpa mengingap di Toba.  (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan