Kajianberita.com
Beranda Lifestyle Lavender Bisa Jadi Obat Tidur Bagi Penderita Insomnia

Lavender Bisa Jadi Obat Tidur Bagi Penderita Insomnia

Ilustrasi lavender. (kajianberita/pixabay)

MEDAN – Obat tidur menjadi solusi bagi yang mengalami insomnia. Namun selain obat-obatan kimia, sebenarnya ada obat tidur alami yang bisa digunakan seperti di Mayoclinic.

Dijelaskan, penyebab utama insomnia belum diketahui secara jelas. Namun, umumnya dipengaruhi oleh kondisi stres dan kecemasan yang dialami seseorang.

Selain itu, faktor eksternal lingkungan seperti berisik atau udara panas atau dingin juga bisa menjadi penyebabnya.

Saat ini memang sudah banyak obat tidur kimia yang diedarkan di pasaran. Alih-alih menggunakan obat tersebut, obat tidur alami justru bisa mengatasi insomnia tanpa efek samping. Dihimpun dari Sleep Foundation, berikut lima obat tidur alami tersebut:

1. Melatonin
Melatonin adalah hormon alami yang diproduksi oleh kelenjar pineal di otak saat kondisi lingkungan mulai gelap. Hormon ini membantu mengatur siklus tidur dan bangun tubuh kita.
Melatonin bisa didapat dari beberapa jenis makanan seperti stroberi, ceri, apel, dan buah pisang. Jika Anda kesulitan untuk memperoleh melatonin dari makanan, Anda dapat menggunakan suplemen melatonin yang tersedia di pasaran.

2. Valerian
Valerian adalah tanaman herbal yang sudah lama digunakan sebagai obat tidur. Kandungan yang terdapat dalam valerian dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tidur. Valerian dapat diminum dalam bentuk teh atau kapsul.

3. Lavender
Lavender adalah bunga yang populer digunakan dalam aromaterapi. Aroma lavender dapat membantu menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh. Anda dapat menggunakan minyak esensial lavender atau mencium aroma lavender langsung dari bunga aslinya.

4. Chamomile
Chamomile adalah jenis teh herbal yang sangat populer untuk membantu tidur. Kandungan dalam chamomile dapat meredakan stres dan kecemasan, sehingga dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

5. Meditasi dan Relaksasi
Meditasi dan relaksasi dapat membantu mengatasi masalah insomnia. Melakukan meditasi secara rutin dapat membantu memperlambat pernapasan dan menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Selama sesi meditasi, seseorang akan difokuskan untuk memusatkan perhatian pada titik fokus tertentu. (*)

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan