Kajianberita.com
Beranda Headline Aneh, Zulhas Mengaku Semua Keputusan PAN Tunduk Pada Keinginan Jokowi

Aneh, Zulhas Mengaku Semua Keputusan PAN Tunduk Pada Keinginan Jokowi

Zulkifli Hasan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN)  sejatinya adalah partai reformis yang ingin melakukan perubahan di negeri ini. Sejumlah tokoh Muhamadiyah pernah terlibat dalam partai ini, sehingga sempat ada anggapan kalau PAN identic dengan Muhammadiyah.

Namun di bawah kepemimpinan Zulkifli Hasan, anggapan itu sudah punah. Yang muncul sekarang adalah kesan kalau PAN dipimpin oleh Jokowi. Semua keputusan PAN juga harus disesuaikan dengan keinginan Jokowi. Zulkifli Hasan alis Zulhas seakan menganggap dirinya bukanlah ketua umum PAN, tapi wakil Jokowi di partai itu.

Dalam penetapan calon presiden pun,   Zulkifli Hasan mengatakan siap menunggu petunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Zulhas, saat ini Presiden Jokowi adalah “Panglima Tertinggi” dalam PAN sehingga semua pengurus dan kader PAN akan tunduk pada petunjuknya.

“Di sini Panglima Perang, tapi kan ada Panglima Tingginya, jadi kalau kita-kita mau perang pasti harus menunggu perintah dan petunjuk Panglima Tingginya Bapak Presiden Jokowi”, ujar Zukfli usai mengikuti acara pembukaan Rakornas PAN di Semarang, Minggu (26/2).

Zulhas tak menampik bila saat ini yang muncul di kalangan kader PAN adalah nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir, namun Zulhas masih belum memutuskan karena dinamika politik dapat berubah terlebih PAN berada di dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Golkar dan PPP.

“Aspirasi kita akan dibawa ke KIB dulu, kan semua Ketum petinggi Partai juga mau jadi Capres Cawapres, jadi kita tidak mau gegabah dan masih menunggu arahan dari Bapak Presiden karena kita di dalam koalisi pemerintahan. Jadi mohon bersabar”, tambah Zulhas.

Sosok Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sendiri datang menghadiri acara Rakornas PAN yang kali ini khusus membahas strategi pemenangan Pemilu dengan peserta sebanyak 5.000 orang, baik pengurus pusat, daerah hingga anggota legislatif dan bakal calon anggota legislatif.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024 di DPPPKS, Kamis (23/2).

Acara itu dihadiri langsung oleh Anies Baswedan. Turut hadir dalam konferensi pers deklarasi tersebut sejumlah petinggi PKS seperti Hidayat Nur Wahid, Sohibul Iman, juga termasuk Ketua Majelis Syura Salim Segaf AlJufri.

Anies Baswedan berpidato di depan di depan ribuan kader PKS dalam Apel Siaga Pemenangan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (26/2). (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan