Kajianberita.com
Beranda Headline Fantastis! Ini Catatan LHKPN Oknum Hakim yang Bawa Rubicon ke PN Medan

Fantastis! Ini Catatan LHKPN Oknum Hakim yang Bawa Rubicon ke PN Medan

Jeep Rubicon yang diduga milik salah satu hakim di PN Medan yang terparkir di halaman PN Medan.

MEDAN – Seorang hakim di Pengadilan Negeri (PN) Medan saat ini menjadi sorotan lantaran dianggap pamer gaya hidup mewah. Pasalnya, hakim yang diduga berinisial MN tersebut kerap mengendarai mobil Jeep Rubicon saat ke PN Medan.

Ethics of Care pun telah menanggapi perilaku oknum hakim tersebut yang tergolong kepada gaya hidup hedonis. Padahal dalam prinsip dasar Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim tepatnya Butir 3.

Adapun bunyinya: “Berperilaku arif dan bijaksana” dan butir 7, yaitu “menjunjung tinggi harga diri”, hakim harus mempunyai sikap yang senantiasa terikat dengan pedoman perilaku etis profesinya.

Di mana arif dan bijaksana berarti hakim mampu bertindak sesuai dengan norma-norma yang hidup dalam masyarakat baik norma-norma hukum, norma-norma keagamaan, kebiasaan-kebiasaan maupun kesusilaan dengan memperhatikan situasi dan kondisi pada saat itu, serta mampu memperhitungkan akibat dari tindakannya.

Menelisik data yang didapat sejumlah wartawan, hakim MN baru bertugas di PN Medan dengan jabatan Hakim Madya Utama. Sebelumnya ia diketahui pernah menjabat sebagai Ketua PN Lhokseumawe sejak 28 Juni 2021.

Pada 2022 ia berpindah tugas menjadi Hakim di PN Medan. Ia mulai membawa mobil Jeep Wrangler Rubicon tersebut ke PN Medan. Berdasarkan harta kekayaannya dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada laman elhkpn.kpk.go.id, hakim MN memiliki total harta kekayaan mencapai miliaran rupiah.

LHKPN itu dilaporkan Nazir pada 27 Januari 2022 untuk periodik 2021. Hakim ini tercatat memiliki harta berupa tanah dan bangunan sebanyak tujuh bidang yang terletak di wilayah Pidie, Pidie Jaya, Aceh Besar, Bireuen, Banda Aceh dan Medan. Total harta kekayaan berupa properti itu senilai Rp 3.170.000.000 atau Rp 3,1 miliar.

Selain itu, Nazir juga tercatat memiliki alat transportasi berupa 2 mobil Honda CRV yakni tahun 2017 dan 2019, mobil Agya tahun 2020 dan sepeda motor Honda Vario tahun 2015 serta Honda Scopy tahun 2018. Total harta bergerak milik Nazir sejumlah Rp 947 juta. Sementara mobil Rubicon yang dipakainya ke PN Medan tidak tercantum di LHKPN.

Dia juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya sejumlah Rp 146 Juta. Sementara kas dan setara Rp 172.208.658 atau Rp 172 juta serta harta lainnya sejumlah Rp 250 juta, sub total harta kekayaan milik Nizar mencapai Rp 4.685.288.658 atau Rp 4,6 miliar.

Selain melaporkan harta kekayaannya, Nazir juga mencatatkan hutangnya di LHKPN dengan jumlah Rp 2.115.245.000 atau Rp 2,1 miliar, dari jumlah harta dikurangi utang, Nazir memiliki harta dengan total Rp 2.570.043.658 atau Rp 2,5 miliar.

Sebelumnya, Humas PN Medan Soniady Drajat Sadarisman ketika dikonfirmasi wartawan kemarin, membenarkan mobil tersebut dipakai oleh salah satu hakim di PN Medan.

“Benar. Itu mobil yang dipakai salah satu hakim PN Medan, soal kepemilikan kita belum tahu,” ungkapnya. (*)

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan