Kajianberita.com
Beranda Sumut Pengemudi Becak Motor Raup Cuan di Ajang F1 Powerboat

Pengemudi Becak Motor Raup Cuan di Ajang F1 Powerboat

Salah seorang pengemudi becak motor yang meraup cuan karena ajang F1 Powerboat. (kajianberita/istimewa)

BALIGE – Keberkahan dirasakan para pengemudi becak motor (betor) di kawasan ajang kejuaraan internasional F1 Powerboat atau F1H20 Danau Toba tepatnya di Balige, Kabupaten Toba.

Pelaksanaan F1 Powerboat yang telah dilaksanakan 24-26 Februari 2023 tersebut membawa limpahan rezeki untuk warga setempat termasuk pengemudi betor dengan meraup ‘cuan’ (keuntungan).

Salah satu pengemudi bentor, Daniel Manurung, mengaku semenjak ada F1 Powerboat ini jumlah penumpang yang ia angkut bisa mencapai 3-4 kali lipat dibanding hari biasanya.

Ia mengatakan di hari biasa omzet rata-rata hanya Rp 50.000 – Rp 80.000 perharinya. Namun, semenjak ada ajang perahu cepat ini Daniel bisa meraup keuntungan sebesar Rp 150.000 – Rp 200.000 per harinya.

“Seneng sekali ada acara ini, Balige jadi ramai. Saya biasanya keliling sampai siang saja. Tapi karena ada acara ini saya keliling sampai malam karena banyak pengunjung lalu lalang yang butuh kendaraan,” kata Daniel, Minggu (26/2/2023).

BACA JUGA : Berkah F1H2O, Warung Makan dan Minuman Kebanjiran Pelanggan

Sebelumnya, pihak kepolisian sudah dilakukan kebijakan rekayasa lalu lintas untuk keperluan pengunjung maupun masyarakat sekitar beraktivitas, untuk menghindari penumpukan sekaligus kemacetan kendaraan saat di lokasi F1Powerboat.

Rekayasa ini diterapkan sejak Kamis, 23 Februari 2023 hingga acara selesai pada Minggu nanti.

Untuk membantu mobilitas penonton, di beberapa titik telah disediakan becak motor (bentor) sebagai alat pengangkut penoton menuju kawasan lain.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengatakan bahwa dengan ajang F1 Powerboat di Danau Toba ini, harapannya dapat memberikan dampak ekonomi yang langsung dirasakan oleh masyarakat.

Menurutnya, ada hal yang menarik. Sebab, terdapat model transportasi yang menjadi ciri khas tersendiri di Sumatera Utara termasuk Balige yaitu becak motor.

“Dengan digunakannya bentor ini menjadi salah satu transportasi yang dapat digunakan di kawasan sekitar venue. Hal tersebut dapat menjadi momen yang tepat dalam mengenalkan model transportasi khas Balige kepada wisatawan,” ungkap Maya. (*)

 

BACA JUGA : Antusias Nonton F1 Powerboat, Para Wisatawan Sewa Rumah Warga, Omset UMKM Melesat

 

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan